Wajah Para PSK Kanada di Jaman Perang

PinkKorset.com – Kota Montreal di Kanada, sempat dikenal sebagai pusat wisata seks Amerika Utara, di jaman Perang Dunia pertama. Foto-foto para pekerja seks komersial (PSK) ketika itu, baru saja dipublikasikan.

Foto para PSK itu berupa mugshot atau foto resmi kepolisian untuk para pelaku kriminal. Archives de la Ville de Montreal selama ini menyimpannya. Tampak diantara foto itu adalah PSK dan germo mereka yang tertangkap.

Selain dandanan mirip, yakni alis yang dirapikan dan bibir dengan pemulas tebal, para perempuan ini menunjukkan raut wajah yang sama. Mereka memasang tampang cuek dan tegang, seperti seseorang yang menyembunyikan sesuatu.

Menurut Dangerous Mind, Montreal menjadi tujuan wisata seks ketika Perang Dunia I dan masa pembatasan (Prohibition) di Amerika Serikat (AS). Di masa Prohibition, banyak warga AS datang Kanada untuk ‘memenuhi’ kebutuhan mereka.

Ketika Prohibition berakhir pada 1933, terjadi peningkatan penyakit menular seksual dan PSK Montreal kehilangan daya tarik mereka. Di masa itulah sering terjadi penggerebekan rumah bordil oleh aparat.

Beberapa germo pemiliki rumah bordil yang terkenal adalah Fleurette Dubois, di 1225 Bullion. Dalam foto mugshot-nya tampak tak acuh. Kemudian Ruby Taylor yang malah tersenyum seakan yang memotretnya bukan polisi.

Adapun Lina Tony yang berambut maskulin, punya dua rumah bordil di jalan yang sama. Kemudian Blanche Martin, seorang asisten rumah tangga (ART), ditangkap karena memiliki rumah bordil.