Bank Dunia Revisi Pertumbuhan Ekonomi RI Bank Dunia revisi pertumbuhan ekonomi RI

Bank Dunia Revisi Pertumbuhan Ekonomi RI

PinkKorset.com, Jakarta – Bank Dunia meralat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2013 menjadi 5,6%. Sedangkan pada 2014 diprediksi terus melemah ke 5,3%.

Menurut laporan Bank Dunia bertajuk ‘Indonesia Economic Quarterly’, kendati relatif kokoh, angka PDB 2013 tersebut merupakan penurunan yang patut diperhatikan terhadap prospek ekonomi jangka pendek.

Apalagi perekonomian RI terus berusaha menyesuaikan diri terhadap pelemahan harga komoditas, kondisi pendanaan eksternal yang lebih ketat, serta penurunan permintaan domestik.

Adapun proyeksi pertumbuhan PDB 2014 mempertimbangkan faktor pasar modal yang diprediksi akan tetap bergejolak, meskipun perekonomian negara-negara berpendapatan tinggi mulai pulih.

Kendati demikian, Indonesia dinilai dapat melindungi diri dari situasi eksternal, sekaligus mendorong pertumbuhan sangat tergantung pada kebijakan pemerintah Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah langkah kebijakan yang tepat untuk menghadapi kondisi yang terus berubah. Di antaranya termasuk melepas nilai tukar dan menentukan suku bunga, guna meringankan tekanan terhadap neraca transaksi berjalan,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chavez di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Menurut Chavez, perubahan kebijakan seperti pengurangan subsidi BBM merupakan langkah penting. Terutama karena melindungi Indonesia dari berbagai risiko fiskal jangka pendek, sekaligus menyediakan dana untuk investasi jangka panjang di bidang infrastruktur dan program sosial.