Banyak Pemalsuan, AS Rilis Pecahan Baru 100 Dolar Bank Sentral AS akui pemalsuan terbanyak pada pecahan 100 dolar AS

Banyak Pemalsuan, AS Rilis Pecahan Baru 100 Dolar

PinkKorset.com, Washington – Bank sentral Amerika Serikat mengeluarkan desain baru untuk lembaran 100 dolar-nya, untuk mengatasi tingginya aksi pemalsuan.

Pada lembaran greenback terbaru tersebut, terdapat sentuhan warna dan fitur khusus untuk mencegah pemalsuan. Dengan modifikasi, warga AS dapat mendeteksi uang palsu tanpa perlu ke bank atau lampu pemindai uang palsu.

Sonja Danburg, manajer program untuk edukasi mata uang di bank sentral AS, The Federal Reserve mengatakan, desain baru ini dibuat terutama untuk melawan peningkatan kasus pemalsuan uang yang kian canggih.

Apalagi pecahan 100 dolar AS adalah uang kertas yang paling mendunia, dimana separuh hingga dua pertiga dari uang tersebut beredar di luar Amerika Serikat.

“Ini juga merupakan denominasi AS di luar Amerika Serikat yang paling banyak dipalsukan. Kami ingin mengantisipasi pemalsuan. Kami ingin melindungi masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, angka pemalsuan diperkirakan mencapai 80 miliar dolar AS, dari total 1 triliun dolar AS yang beredar di pasar.