Berhentilah Memotret Makanan

PinkKorset.com – Anda suka memotret makanan sebelum melahapnya? Ternyata, kebiasaan eksis itu berdampak negatif.

Kesimpulan itu diperoleh dari sebuah studi yang dilakukan Brigham Young University di Utah, Amerika Serikat (AS). Menurut studi itu, melihat terlalu banyak foto makanan bisa mengurangi rasa enaknya, sehingga tak lagi begitu nikmat.

Ini terkait pola otak, terutama bagian stimulasi mental ketika anda melihat foto. Terjadi stimulasi sensor fisik serupa dengan makan sesungguhnya, ketika anda melihat foto-foto makanan.

Sederhananya, ketika kita melihat foto tersebut sebelum memakannya, indera kita menjadi ‘bosan’. Foto tersebut merusak selera makan dengan membuat anda merasa sudah memakannya.

Studi ini dilakukan terhadap 232 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diperlihatkan foto-foto makanan asin. Kelompok kedua dengan yang manis. Kedua kelompok lalu diminta makan kacang.

Kelompok pertama yang melihat foto-foto kentang goreng, pretzel, dan keripik, melaporkan kurang menikmati rasa kacang. Kelompok kedua yang melihat foto kue dan coklat, mengaku kacangnya nikmat.

Jangan khawatir, bukan berarti anda harus langsung berhenti melihatnya. Kebosanan itu terjadi jika anda melihat foto-foto itu berkali-kali. Tak ada salahnya jika anda sesekali menikmati foto food porn.