Bos Perempuan Lebih Efektif Bos perempuan dinilai lebih efektif bekerja ketimbang laki-laki

Bos Perempuan Lebih Efektif

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak perempuan yang kini menempati posisi penting dalam perusahaan. Kinerja kaum hawa sebagai atasan, dinilai lebih baik ketimbang laki-laki.

Penelitian terpisah yang dilakukan Eduardo Melero, kepala peneliti dari Universidad Carlos III de Madrid, Spanyol serta Chris Bart dari McMaster University, Kanada dan Gregory McQuee dari A.T.Still University, Arizona, menunjukkan, bahwa kinerja perempuan lebih efektif dan menguntungkan perusahaan.

Keunggulan tersebut sebenarnya didukung oleh sifat dasar kaum hawa. Apa saja?

Kooperatif dan Demokratif

Saat mengambil keputusan, perempuan lebih sering menanyakan pendapat orang lain. Hal ini menyebabkan bos perempuan lebih terbuka untuk diskusi dan mudah diajak kerjasama.

Atasan perempuan juga cenderung tidak menunjukkan kekuasaan berlebih pada anak buah. Mereka mengizinkan para karyawannya berpartisipasi dalam membuat keputusan. Selain tercipta komunikasi, keputusan yang lebih baik bisa dihasilkan. Karyawan juga merasa dihargai karena pendapat dan kemampuannya didengar.

Komunikatif

Perempuan dinilai lebih peduli dengan hal-hal kecil yang dikeluhkan karyawan dan punya kemampuan “mendengar “lebih baik. Para bawahan yang diajak bicara, biasanya akan merasa dihargai.  Hubungan dua arah yang baik, akan meningkatkan kepercayaan. Hal ini berdampak positif terhadap kinerja karyawan.

Gaya manajeman perempuan yang membangun jaringan pertemanan ini disebut beta management. Kemampuan ini sangat penting dalam perusahaan, mengingat karyawan saat ini didominasi generasi muda yang lebih senang diajak bicara dan diberi kepercayaan, ketimbang banyak perintah dan batasan.

Motivator  

Bos perempuan pandai membuat anak buah tetap semangat dalam bekerja. Dengan komunikasi yang baik, karyawan dapat merasa aman dan tidak terintimidasi dengan atasan mereka. Gairah bekerja ini membangun loyalitas, sehingga pekerjaan jauh menjadi lebih efektif dan menguntungkan perusahaan.

Lebih Sabar Dalam Berbisnis

Tidak hanya terhadap karyawan, perempuan juga dianggap lebih sabar dalam menjalankan bisnis. Mereka jarang mengambil kesimpulan atau keputusan cepat, atau terburu-buru bertindak, karena memikirkan pengaruh keputusan yang ia buat terhadap para pemangku kepentingan.  Hal ini penting dalam perusahaan, karena tidak semua bisnis dapat tumbuh dan menghasilkan profit dalam waktu cepat.

Punya Etika Bisnis Kuat

Menurut hasil penelitian,perempuan punya pengetahuan luas dan peduli isu tentang hak asasi orang untuk mendapatkan keadilan.  Kemampuan ini sangat diperlukan agar roda bisnis berjalan dengan baik dan tidak terlibat masalah hukum.