Fenomena Unik: Pelangi Melingkar Sam Clack dan Spektrum Brocken

Fenomena Unik: Pelangi Melingkar

PinkKorset.com, Wales – Fenomena unik terjadi di puncak Gunung Snowdon, Wales, ketika seorang penyiar radio menyaksikan pelangi yang melingkar. Biasanya, kejadian alam itu hanya berbentuk busur.

Sam Clack (33) menghabiskan empat jam memanjat hingga ke puncak Gunung Snowdon. Hal itu tak sia-sia, sebab fenomena unik yang amat jarang terjadi sedang menantinya. Pelangi melingkar itu dikenal dengan nama spektrum Brocken.

“Saya belum pernah melihatnya dan mungkin takkan melihat lagi. Istimewa rasanya bisa menyaksikannya,” tutur penyiar asal Manchester ini. Seorang pensiunan guru fisika yang kebetulan bersamanya, menjelaskan fenomena itu.

Spektrum Brocken terjadi ketika matahari bersinar di belakang seseorang pada sudut tertentu, menyebabkan bayangan mereka menimpa lapisan teratas awan yang berseberangan dengan sinar matahari tersebut.

Persepsi kedalaman kemudian dipengaruhi oleh kabut, menciptakan ilusi optik yang memperbesar bayangan orang tersebut. Cahaya pecah di kabut dan pada akhirnya menciptakan efek pelangi.

Nama Brocken berasal dari sebuah puncak gunung di Harz, Jerman, ketika penampakan itu pertama terjadi. Tempat yang sering turun kabut itu populer di kalangan hiker.