Jangan Sentuh Delapan Makanan Ini! Foto: news.com.au

Jangan Sentuh Delapan Makanan Ini!

PinkKorset.com – Biasanya jika dilarang, manusia malah melakukan kebalikannya. Tapi kali ini, anda sebaiknya mematuhi.

Godaan makanan memang cukup berat. Tapi anda juga harus memperhatikan nutrisinya, karena ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Terutama jika mereka diperkenalkan sebagai pilihan yang ‘sehat’. Apa saja?

Snack Beras

Nasi memang makanan utama orang Indonesia. Tapi snack berbahan dasar beras ini tak baik untuk anda. Kandungan glycaemic index carbohydrate-nya cukup tinggi. Artinya, glukosa dalam darah akan melonjak. Hal sama terjadi pada hormon insulin anda, sehingga mempermudah timbunan lemak.

Roti Putih

Meski diklaim mengandung banyak serat dan nutrisi, namun faktanya nutrisi dalam roti putih belum sebaik roti gandum. Namun jika memang anda harus mengkonsumsi roti putih, pilihlah roti tawar.

Air Berperisa

Air yang diberi perasa ini tentunya mengandung banyak gula, mengingat rasanya yang manis. Per sajian bisa saja mengandung lebih dari lima sendok teh gula. Sebaiknya, asupan vitamin anda ambil dari gandung, buah-buahan dan sayuran, serta minum air sebagaimana wujud aslinya.

Muffin dan Roti Pisang

Pertimbangkan bahwa satu muffin atau sepotong roti pisang mengandung lebih dari 60 gram karbohidrat. Jumlah itu setara dengan empat potong roti biasa, 20-30 gram lemak dan setidaknya empat sendok teh gula. Lebih aman menganggap bahwa pilihan yang biasa disajikan cafe ini tak menyehatkan.

Snack Keju

Mulai dari cheese puff, cheese ring, hingga cheese balls menggunakan karbohidrat olahan, pengawet MSG, serta banyak minyak. Tak pernah satupun diantara jenis ini menjadi pilihan yang baik, terutama untuk anak-anak yang biasanya amat menyukai snack. Bagi buah hati, pilihlah snack se-plain mungkin.

Frozen Yoghurt

Di pusat perbelanjaan, gerai yang menyajikan yoghurt beku kian banyak. Yoghurt memang sehat, tapi jenis yang manis mengandung banyak gula sebagaimana es krim. Kalorinya juga banyak, terutama jika anda menambah topping seperti sirup.

Selai Coklat Kacang

Bahan utamanya saja gula dan minyak sayur. Selai coklat mengandung lebih banyak lemak jahat ketimbang selai kacang.

Muesli Bars

Makanan batangan ini harus dibedakan, ada yang diolah secara natural tanpa pemrosesan. Tapi ada pula yang dalam prosesnya ditambah madu, gula, buah kering, pengisi, serta berbagai tambahan lain. Terutama pada jenis yang dijual bebas. Jangan lupa, gulanya juga bisa mencapai 3-4 sendok teh.