Jurnal Makan, Si Penolong Diet Foto: Diet

Jurnal Makan, Si Penolong Diet

PinkKorset.com – Anda sedang diet dan khawatir dengan cukup tidaknya konsumsi kalori tubuh? Solusi mudahnya, membuat jurnal makan.

Jurnal makan akan adalah tempat anda menuliskan seperti apa diet yang anda lakukan. Mulai dari menu, target, asupan kalori, hingga progress yang anda buat. Dengan demikian, diet anda akan terpantau dengan baik dan tertib.

Andapun harus berkomitmen dan tidak mengabaikan si jurnal. Sebab itulah ada beberapa upaya yang harus anda lakukan untuk membuat jurnal makan ini berhasil. Apa saja?

Bawa Selalu Jurnal Makan

Dengan membawanya ke mana saja, anda ingat untuk mencatat makanan yang dikonsumsi dan berapa kalori yang masuk ke tubuh setiap hari. Asupan kalori yang sudah anda tentukan bisa tercatat dengan teratur sehingga sesuai dengan program diet, sehingga diet bisa dilakukan dengan baik.

Tulis Menu dan Komposisinya Per Hari

Menulis secara rinci komposisi makanan dapat membantu anda mengetahui apakah konsumsi kalori sudah sesuai dengan program diet. Contohnya, jika menu makan siang adalah tuna spaghetti fetucini, maka anda akan merinci kalori tuna, pasta dan krim dalam menu tersebut.

Jujurlah dengan Jurnal Makan

Jurnal makan ini sifatnya pribadi. Jangan malu untuk menuliskan makanan dengan jujur. Meski yang anda makan memiliki kalori besar dan melebihi batas kalori program diet. Dengan bersikap jujur seperti ini, akan ada motivasi baru agar berusaha lebih keras lagi dalam menjalankan program diet.

Cek Rutin Jurnal Makan

Anda sudah melakukan kegiatan rutin mengisi jurnal makan setiap harinya. Di akhir pekan, anda bisa melakukan pengecekan di jurnal tersebut. Apakah selama sepekan sudah berhasil melakukan program diet maupun hari-hari gagal. Fungsi dari pengecekan rutin adalah melihat kemajuan program diet. Hasil sepekan ini tentunya diperbaiki di pekan-pekan berikutnya.