Malaria Masih Masalah Besar [google]

Malaria Masih Masalah Besar

PinkKorset.com – Perang melawan penyakit malaria masih menjadi masalah besar kesehatan dunia, meski telah menunjukkan titik terang.

Perang melawan malaria telah menyelamatkan 3,3 juta nyawa di seluruh dunia, sejak dimulai dengan gencar pada 2000 lalu. Walaupun penyakit ini masih membunuh 657 ribu orang pada 2012 lalu, terutama di Afrika.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, kekurangan pendanaan dan hal-hal dasar seperti kelambu tempat tidur menjadi penyebab lambatnya upaya pemberantasan malaria.

Hal ini, dalam laporan Malaria Report 2013 oleh WHO, terutama terjadi di Afrika dan Asia Tenggara. “Orang meninggal karena gigitan nyamuk merusakan tragedi besar abad ke-21,” ujar Dirjen WHO, Margaret Chan.

Pendanaan malaria global sudah mencapai jumlah besar, yakni hingga US$2,5 miliar pada 2012. Namun jumlah itu masih setengah dari yang dibutuhkan untuk memastikan semua orang bebas dari resiko terkena malaria.

Tahun lalu diperkirakan terdapat 207 kasus malaria yang berujung pada 627 ribu kematian. Negara-negara yang paling parah terkena dampaknya adalah Republik Demokrasi Kongo, Nigeria, dan India.