Mau Makan Jagung Warna-warni Ini?

PinkKorset.com – Jagung umumnya berwarna kuning. Namun petani keturunan pribumi Amerika ini sukses menciptakan jagung dengan berbagai warna dalam satu bonggol.

Jagung yang diberi nama Glass Gem itu diciptakan oleh petani keturunan suku pribumi Amerika, Cherooke, yang bernama Carl Barnes. Tanaman itu ia kumpulkan dari berbagai jenis jagung berwarna.

Selama bertahun-tahun eksperimen, Barnes akhirnya sukses dan membagi rahasia ini kepada kawannya, Greg Schoen, sebelum ia meninggal. Schoen diminta untuk menjaga rahasia dan meneruskannya.

Pada 2010, Schoen memutuskan untuk mencari ‘rumah’ permanen bagi koleksinya itu dan membagi bibitnya kepada petani jagung di Arizona, Bill McDorman. Si petani Arizona amat terkejut saat pertama menumbuhkannya.

“Luar biasa. Belum pernah ada jagung yang tumbuh seperti ini,” kata McDorman yang kini mengepalai Native Seeds/SEARCH, sebuah lembaga non-profit yang berupaya menjaga warisan pertanian pribumi Amerika.

Organisasi inilah yang menjual bibit Glass Gem via situs resmi mereka, seharga US$7,95 atau sekitar Rp90 ribu per paket. Bibit ini laris dan bahkan seringkali mereka kehabisan karena terlalu banyak permintaan.

Sayangnya, selama ini jagung tersebut hanya digunakan untuk membuat tepung atau berondong jagung (popcorn). Tidak direkomendasikan untuk memakan jagung ini langsung dari bonggolnya.

Beberapa pembeli menggunakannya sebagai pajangan di rumah mereka. Native Seeds mendorong para pembeli untuk menanam bibitnya di kebun mereka, agar tradisi Glass Gem bisa terus dilanjutkan.