Nyaman di Kantor Meski Hamil Foto: healthmeup

Nyaman di Kantor Meski Hamil

PinkKorset.com, Jakarta – Masa-masa hamil kadang terasa sangat melelahkan. Apalagi bila Anda bekerja sepanjang hari di kantor.

Sama sekali tidak ada salahnya bekerja, jika Anda mengalami kehamilan normal. Namun, Anda harus lebih berhati-hati selama bulan-bulan ini, karena bila terlalu capai, akan berpengaruh negatif bagi perkembangan bayi dalam kandungan Anda.

Berikut saran yang bisa dicoba untuk menangani situasi di kantor selama masa kehamilan.

Konsumsi Makanan Sehat 3-5 Kali Sehari

Konsumsi makanan ringan bergizi, seperti irisan sayuran, buah-buahan, yoghurt, keju, kecambah , kedelai, susu dan produk telur, karena makanan ini sangat ideal untuk perempuan pekerja yang sedang hamil. Anda bisa membawanya dalam porsi kecil untuk bekal di kantor.

Penting juga untuk makan setidaknya empat porsi kalsium setiap hari. Suplemen Folat dan Omega 3, penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Selain diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup vitamin C dari buah-buahan, jus atau suplemen .

 

Sediakan Camilan Sehat di Tempat Kerja

Sediakan camilan jagung, selai kacang dan biskuit, keju, telur rebus dan buah untuk menemani Anda sepanjang hari. Karena rasa lapar atau kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan mual. Obat untuk morning sickness tersedia di apotek jika masalah mual yang muncul sangat serius. Jika tidak terlalu parah, sebaiknya coba cara alami.  Anda juga sebaiknya menghindari dari risiko dehidrasi, dengan rajin minum air putih dan sari buah .

 

Tetap terorganisir

Anda sebaiknya memiliki buku catatan, yang berguna sebagai pengingat bagi Anda sendiri di tempat kerja dan di rumah. Catatan itu bisa untuk mencatat janji dokter, vitamin yang harus dikonsumsi dan tanggung jawab di tempat kerja. Sehingga Anda bisa mengatur semua jadwal Anda ketika sudah berada dalam posisi nyaman.

 

Olahraga ringan

Ambilah waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan pembekuan darah, varises dan pembengkakan pada tumit dan kaki. Hindari pekerjaan berat seperti mengangkat barang, serta olahraga yang terlalu berat.

 

Ambil Istirahat Pada Hari Kerja

Pastikan bahwa Anda memiliki jadwal waktu yang tetap untuk bersantai sejenak selama jam kerja. Hal ini sangat berguna untuk menghindari stres. Dengarkan musik favorit Anda atau kerjakan hal-hal yang Anda sukai. Tapi ingat, Anda masih di kantor. Jangan  menghabiskan waktu bersantai terlalu lama.

 

Jauhi Asap Rokok

 Anda sebaiknya menjauhi teman Anda yang sedang merokok. Pasalnya, perempuan hamil sangat tidak disarankan untuk menghirup asap rokok, apalagi merokok. Selain dapat menyebabkan aborsi, kelahiran prematur, berat badan lahir yang rendah, juga kematian bayi.

 

Hindari alkohol

Tidak ada jumlah alkohol yang aman untuk dikonsumsi perempuan selama kehamilan, sehingga sangat ideal bagi Anda untuk menjauh dari alkohol. Fetal Alcohol Syndrome ( FAS ) dapat menyebabkan keterbelakangan parah dan cacat lahir untuk bayi, dan hal ini dapat disebabkan, bahkan oleh sejumlah kecil alkohol .

 

Biasakan Tidur Malam 10-11 Jam

Tidur malam yang baik adalah penting, untuk memastikan darah yang baik mengalir untuk bayi. Selain membantu mnecegah pembengkakan yang kerap muncul ketika kandungan membesar. Biasakan juga untuk mengangkat kaki Anda lebih tinggi dari kepala ketika tidur di malam hari.