Oktober Bulan Peduli Kanker Payudara

PinkKorset.com – Oktober ini, kampanye ‘Going Pink for October’ kembali dimulai. Kampanye peduli kanker payudara yang tadinya hanya di Amerika Serikat (AS) ini telah mendunia.

Bulan peduli kanker payudara atau Breast Cancer Awareness Month (BCAM) ini menjadi kesempatan berbagai yayasan terkait kanker payudara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian mengenai penyakit tersebut.

Mereka juga ramai-ramai menggalang dana untuk riset mengenai penyebab, pencegahan, diagnosis, perawatan, dan penyembuhan kanker payudara. Selain informasi dan dukungan bagi pengidapnya.

Kampanye ini dilakukan sejak 1985 lalu, kerjasama antara American Cancer Society dan divisi farmasi Imperial Chemical Industries yang kini merupakan bagian dari AstraZeneca, produsen sejumlah obat antikanker payudara.

Tujuan mulanya, untuk memperkenalkan mamografi sebagai senjata paling efektif untuk memerangi kanker payudara. Kemudian pada 1993, Senior Corporate VP perusahaan kosmetik Estee Lauder, Evelyn Lauder, ikut bergerak.

Lauder mendirikan The Breast Cancer Research Foundation, menggunakan pita merah muda sebagai simbolnya. Dua tahun sebelumnya, simbol itu digunakan Susan G. Foundation saat konvoi pengidap kanker payudara di New York City, AS.

Bulan ini menjadi kesempatan perempuan untuk membekali dirinya dengan informasi mengenai kanker payudara. Juga, melakukan pemeriksaan mamogram untuk memastikan kesehatan anda.