Pencipta ‘Doner’ Kebab Tutup Usia Kadir Nurman

Pencipta ‘Doner’ Kebab Tutup Usia

PinkKorset.com, Berlin – Pria yang disebut-sebut menciptakan doner kebab dan mempopulerkannya, Kadir Nurman, tutup usia di Berlin, Jerman.

Imigran asal Turki itu dikenal tak hanya di Berlin, namun juga seluruh Jerman. Ia disebut-sebut sebagai pria yang menciptakan doner kebab alias kebab khas Turki.

Nurman memulai usahanya di Berlin Barat dengan membuka kedai pada 1972 lalu. Ia menjual daging panggang dan salat yang dimasukkan ke dalam roti tilis.

Pria ini merasa, orang Berlin yang sibuk suka membeli makanan yang mudah dibawa ke mana saja.

Meski banyak orang yang bisa juga dikatakan sebagai ‘pencipta doner’, kontribusi Nurman-lah yang diganjar penghargaan Association of Turkish Doner Manufacturers pada 2011.

Saat ini, terdapat lebih dari 16 ribu outlet penjual doner kebab di Jerman. Lebih dari seribu diantaranya terdapat di Berlin.

Nurman yang beremigrasi ke Berlin sejak 1960-an tidak pernah mendaftarkan doner kebabnya untuk dipatenkan. Sehingga ia tak mengeruk royalti dari doner.

Tetap dengan rendah hati, saat diwawancarai pada 2011 lalu, Nurman senang banyak orang Turki hidup dari doner dan jutaan orang kini menikmatinya. [ram]