Meski Dilarang, Perempuan Saudi Nekat Mengemudi Eman Al Nafjan

Meski Dilarang, Perempuan Saudi Nekat Mengemudi

PinkKorset.com, Riyadh – Meski dilarang pemerintahnya, para perempuan di Arab Saudi tetap nekat duduk di belakang kemudi.

Larangan konservatif itu tak membuat mereka takut. Bahkan beberapa diantaranya dengan berani mengunggahnya ke media sosial seperti Twitter dan YouTube.

Salah satunya adalah blogger perempuan Eman Al Nafjan di akun Twitter-nya. Ia mengunggah foto sedang mengemudi dan dihentikan polisi.

Jerih payah Al Nafjan dan perempuan Saudi lainnya yang sekian lama memprotes hal ini, sudah mulai membuahkan hasil.

Beberapa pria, menurut Al Nafjan, sudah ikut berunjuk rasa untuk memprotes larangan itu. Bahkan, banyak polisi yang ia tanya juga sudah memberi ‘restu’ mereka.

Satu video protes larangan ini diunggah oleh perempuan bergelar PhD itu. Isinya, sekeluarga berisi ayah, ibu dan anak mereka mendahului sebuah mobil.

Di dalam mobil itu terdapat seorang perempuan yang sedang mengemudi. Keluarga itu kemudian mengacungkan jempolnya ke si pengemudi perempuan.

Mobil berikutnya yang berisi dua pria juga melakukan hal yang sama terhadap perempuan bercadar itu. Video itu direkam di Ibukota Saudi, Riyadh.

Berbagai blogger dan pengguna internet perempuan di Saudi kini ramai-ramai mengunggah video dan foto serupa.

Mereka getol berkampanye sebelum demo mengemudi ramai-ramai oleh kaum perempuan Saudi pada 26 Oktober mendatang, serentak di penjuru negeri.