Si Labu Halloween Punya Nama

PinkKorset.com – Mengukir labu menjadi salah satu atraksi yang dinantikan saat Halloween. Ikon hari seram itu punya nama, lho.

Namanya Jack O’Lantern. Tak harus labu, terkadang orang menggantinya dengan buah bit. Dari jaman ke jaman, mengukir si Jack kian kreatif. Tak harus melulu wajah seram dengan mata, hidung, dan mulut.

Biasanya, bagian atas labu dipotong untuk mengeluarkan isinya. Mengukir sisinya amat penting karena nantinya lampu atau lilin dimasukkan ke dalamnya. Sehingga saat malam hari, puncak perayaan Halloween, Jack seakan hidup.

Meski mengukir sayuran populer sejak ribuan tahun lalu, penggunaan Jack sebagai dekorasi berasal dari asal-usul perayaan Halloween, yakni dari Irlandia Kuno. Pada abad ke-19, orang-orang menggunakan Jack sebagai ‘wujud’ roh jahat.

Di Amerika, mengukir labu untuk Halloween tercatat sejak 1866, meskipun orang sudah mengukir labu dalam festival-festival untuk merayakan panen. Jack O’Lantern kini sudah banyak tercatat dalam literatur, baik kuno maupun modern. [ram]