Teknik Kompres Untuk Hilangkan Kantung Mata

PinkKorset.com, Jakarta – Kantung mata dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Selain tampak sayu dan lebih tua, pemakaian kosmetik pun akan terlihat tidak maksimal. 

Kantung mata atau mata panda biasanya muncul akibat kurang istirahat. Mata sering dipaksa terlalu banyak bekerja, sehingga pembuluh darah di sekitar mata menjadi tegang. Alhasil, kulit di bawah mata pun menjadi kendor dan memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Cara yang cukup efektif dan sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat untuk mengatasi mata panda adalah dengan mengompresnya. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup alami dan mudah diperoleh, seperti mentimun, jeruk lemon dan bengkoang.

Namun, efek dingin juga bisa didapat dari es batu, air mawar hingga ampas teh dan sendok stainless yang didinginkan di lemari es.

Berikut beberapa cara alami menghilangkan kantung mata dengan teknik kompres:

Irisan Mentimun

Mentimun dipercaya sebagai salah satu bahan paling ampuh mengatasi masalah kantung mata karena bisa berfungsi sebagai astringent yang melancarkan peredaran darah. Selain kaya akan kandungan zat holitosis yang bagus untuk kulit, mentimun juga mengandung asam malonat yang mampu menekan gula hingga tidak menjadi lemak di bawah mata.

Lalu asam saponin yang mampu mengeluarkan ledir, vitamin E yang mampu menghambat penuaan dan menghilangkan keriput di area sekitar mata. Tidak hanya itu, ada juga kandungan vocunis sativum L yang berfungsi mengencangkan kulit area sekitar mata.

Caranya,  cuci mentimun dan iris dengan ketebalan sekitar 5 mm. Anda bisa langsung letakkan pada mata  sambil berbaring, atau dinginkan dulu di dalam lemari es. Biarkan mentimun memberikan efek dingin mata Anda selama 20 menit.

Anda bisa juga memblender mentimun dan oleskan ke area bawah mata sebagai masker

Irisan Tomat

Tomat memang terkenal sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang yang cukup baik untuk perawatan kulit, salah satunya menghilangkan kantung mata. Caranya hampir sama seperti menggunakan irisan mentimun, yang hanya berbeda dari ketebalannya irisannya saja. Untuk irisan tomat, sebaiknya agak sedikit tebal, kira-kira sekitar 1 cm.

Kentang

Kentang mengandung zat phytochemical, polifenol dan karotenoid dan vitain C yang bagus untuk peremajaan kulit. Selain asam sitrat dan asam fosfat yang mampu mengurangi kulit yang memerah dan meringankan perdagangan.   Selain itu, kandungan mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi dalam kentang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Kentang juga memiliki kadar air yang tinggi serta kandungan vitamin B1 yang baik sebagai antioksidan.

Parut kentang mentah kupas hingga halus. Bungkus dengan kain tipis dan letakkan di area kantung mata. Biarkan beberapa saat setelah itu bersihkan dengan air.

Wortel

Kandungan vitamin A dan C dalam wortel bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata. Blender wortel yang telah dicuci dan dikupas. Lalu, oleskan ke area mata yang menghitam. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 jkali sehari hingga kantung mata agak samar.

Bengkoang

Kandungan air dari bengkoang yang kaya akan vitamin B1 dan C juga mampu menyegarkan kulit. Selain dapat mengatasi kantong mata, parutan bengkoang juga dapat menghilangkakn lingkar mata hitam. Parut bengkoang lalu tempelkan ke area sekitar mata sebagai masker selama 10-15 menit.

Lemon

Jus lemon adalah bahan alami yang dapat menyegarkan sekaligus dapat meremajakan kulit di daerah sekitar mata karena mengandung antioksidan. Jus lemon juga dapat membantu untuk memutihkan lingkaran hitam di bagian bawah mata.

Caranya, oleskan perasan dari jeruk tersebut ke lapisan kulit di bagian bawah mata dan gosok secara perlahan. Hindari air lemon masuk ke dalam mata karena dapat membuat mata terasa perih seperti terbakar.

Air dingin atau es batu

Basahi kain handuk bersih dengan air dingin/es. Kemudian tempelkan dengan tekanan ringan dibagian bawah kelopak mata selama 5-10 menit. Kompres dingin akan mempengaruhi pembuluh darah dan jaringan sekitar agar mengecil dan kencang sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan kantung mata.

Cara ini memang cara yang paling sering digunakan dan cukup terbukti ampuh untuk menghilangkan mata panda. Caranya, ambil 3-5 es batu ukuran kecil, lalu masukkan kedalam kain atau kantong plastik. Kemudian cukup letakkan pada mata pada anda selama 10 menit, sebelum tidur siang dan tidur malam. Ketika bangun akan membuat masa terasa lebih rileks. Cara ini bisa digunakan untuk kantong mata ringan. Jika belum juga menghilang, cobalah menggunakannya sehari sekali setelah bangun tidur.

Air mawar

Air mawar adalah bahan terbaik untuk mebuat kulit menjadi segar. Air mawar ini dapat berperan sebagai preimer instan pada kulit kita. Untuk dapat menghilangkan kantung mata, celupkan saja dua buah bola kapas ke dalam air mawar lalu letakkan pada mata kita yang lelah. Setelah itu diamkan beberapa saat, kemudian lepas kapas tersebut. Air mawar bisa membuat mata kita menjadi lebih cerah serta penglihatan jadi lebih terang.

Ampas Teh

Ampas teh sudah dikenal kaya manfaat. Tidak hanya untuk kesuburan rambut, menghaluskan kulit muka namun juga untuk menghilangkan kantung mata. Hal ini karena kandungan senyawa anti inflamasi yang disebut EGCG. Selain zat tannin yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Dengan pembuluh darah yang lancar, pembengkakan di sekitar mata akan berkurang.

Ambil empat sendok ampas teh yang dimasukkan dalam kain, atau sepasang teh celup bekas yang dipakai sehari sebelumya.  Rendam dalam air dingin, lalu kompreskan pada mata anda, selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan rutin 2-3 kali sehari. Setelah agak samar, cukup gunakan 2-3 kali seminggu.

Sendok Stainless

Sendok juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya kantong mata. Awalnya, simpan dulu sendok di lemari es sekitar 5-10 menit, lalu tempelkan di bagian bawah mata. Pastikan kulit Anda sudah benar-benar bersih.

Gel pendingin mata

Jane Griffin, seorang spesialis wajah di Kota London mengatakan bahwa gel pendingin mata bisa membantu untuk memperkecil pembuluh darah sekitar mata kita, sehingga bisa mengurangi daerah yang bengkak di bawah mata.