Yuk! Kenalkan Toilet Duduk Pada si Kecil

PinkKorset.com, Jakarta – Salah satu ujian bagi para orangtua adalah mengenalkan kloset duduk pada buah hatinya. Namun, jangan khawatir. Banyak cara untuk membuat hal tersebut menjadi mudah.   

Saat ini, sudah banyak  beredar potty trainer, yaitu kloset duduk khusus untuk anak-anak. Alat ini digunakan untuk mempermudah pembiasaan anak beralih dari popok ke toilet.

Sebelum memulai, simak dulu tahapannya:

1. Pilihlah saat yang tepat

Melakukan potty training  tak bisa terlalu dini, setidaknya tunggu sampai anak sudah bisa berkomunikasi dengan baik. Jangan lupa, kebutuhan setiap anak tidak sama untuk bisa mengontrol pipisnya. Selain Anda, si kecil pun perlu persiapan, baik secara fisik maupun psikis. Coba cari waktu luang untuk mendampinginya saat awal pengenalan. Sangat disarankan untuk tidak memulainya saat Anda maupun si kecil dalam kondisi stres.

2. Biarkan basah

Anda bisa lepas popok yang dikenakan anak Anda, dan tunggu hingga ia pipis. Atau gunakan seprai waterproof yang mencegah kasur basah ketika si kecil mengompol. Pipis yang tidak terserap di kasur akan membuatnya langsung terbangun. Si kecil akan segera merasa tidak nyaman dengan kondisinya. Anda pun bisa memberitahunya, bahwa basah tersebut disebabkan karena pipis.

3. Perkenalkan cara pakainya

Coba kenalkan dulu si kecil dengan perlengkapan potty trainer. Biarkan ia memegangnya. Bila Anda memiliki potty trainer yang bisa digunakan tanpa meletakkannya di kloset, Anda bisa mengajarkannya duduk di potty trainer.

 4. Letakkan dekat kamar mandi

Bia si kecil sudah tahu kegunaannya, letakkan potty trainer ini dekat kamar mandi. Ajarilah ia untuk memberitahu Anda tiap kali ia ingin pipis, sehingga Anda bisa segera mempersiapkan potty trainer untuknya.

 5. Biasakan pipis dan pup di kamar mandi

Ajak si kecil ke kamar mandi setiap 1 jam sekali, meski ia tak kepingin buang air. Dudukkan ia di toilet sampai akhirnya pipis atau pup.

 6. Telaten dan lapang dada

Setelah melewati semua pelajaran, ternyata si kecil masih saja mengompol, tak perlu menghukum atau memaksanya. Anda sebaiknya bersabar dan terus mengajarinya.  Bila ia berhasil, Anda boleh memberinya hadiah berupa stiker, buku atau mainan kecil.

7. Kenakan popok waktu tidur

Belajar juga ada istirahatnya. Bila seharian anda sudah mengawasi si kecil menggunakan potty trainer, untuk tidur malam, kenakanlah popok padanya. Anak biasanya sulit melewati tidur malam tanpa popok. Anda juga dapat beristirahat dari bangun tengah malam hanya untuk mengganti celana dan baju tidurnya. [ter]