Hari Kartini, Kemenpora Galakkan Lomba Foto: PinkKorset/merida

Hari Kartini, Kemenpora Galakkan Lomba

PinkKorset.com, Jakarta – Menyambut Hari Kartini ke-135, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan lomba tidak hanya untuk perempuan, tapi juga laki-laki.

Dalam acara yang bertajuk “Kita Mantapkan Peran Perempuan dalam Pembinaan Pemuda dan Olahraga Indonesia” di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (21/4/2014), Kemenpora menggelar beberapa acara, yaitu lomba memasak khusus untuk laki-laki, serta peragaan kebaya Kartini untuk perempuan.

“Ada lomba yang biasanya didengar 5-10 tahun lalu di kantor Kementerian. Kita menghidupkan kembali di Kemenpora. Jangan dipandang seremonial. Melalui acara ini, saya meningkatkan peran perempuan dalam kemajuan Indonesia,” kata Roy seusai acara.

Sementara Ismarindayani, istri Roy Suryo mengatakan, peran nyata perempuan di masa kini, menjadi bentuk perwujudan semangat yang diusung RA Kartini.
“Dari tahun ke tahun peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat. Semoga wakil perempuan di parlemen juga semakin meningkat,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, perempuan butuh untuk menjadi mandiri dalam hal ekonomi, karena ini akan berpengaruh terhadap keluarganya. “Kalau perempuan memiliki kemandirian ekonomi, ekonomi keluarga akan lebih baik, begitu pun dengan kehidupan putra putrinya untuk bisa sekolah,” tuturnya.

Berbicara peran perempuan dalam kementerian, Roy Suryo mengaku memberikan porsi kepada kaum hawa untuk mengambil posisi penting.

“Peranan perempuan tidak hanya muncul dalam slogan, kantor Kemenpora secara nyata medorong peran perempuan. Di kantor ini, kami memiliki Sesmenpora perempuan (Yuli Mumpuni Widarso) dan sekarang bertugas dubes di Spanyol,” tutur Roy Suryo.

“Saya memberanikan deputi 1 Kemenpora  yang biasanya laki-laki itu dengan perempuan. Jadi kita punya deputi perempuan (Yuni Poerwanti), staf ahli juga perempuan,” katanya.