Lelang Tempat Tidur ‘Seni’ [wiki]

Lelang Tempat Tidur ‘Seni’

PinkKorset.com, London – Karya seni instalasi kontemporer berupa tempat tidur dari seniman Inggris, Tracey Emin, akan dilelang pada awal Juli mendatang.

Diberi judul My Bed , karya seni ini menampilkan tempat tidur yang berantakan dengan sprei bernoda dan serakan kondom, botol vodka, puntung rokok, alat tes kehamilan, celana dalam, serta beberapa barang lain, seperti sandal.

Diperkirakan tempat tidur tersebut akan laku £1 juta atau sekitar Rp17 miliar.

My Bed adalah sebuah karya seniman Inggris Tracey Emin yang diciptakan pada 1998.Tracey, yang berasal dari Margate di East  Kent, mengaku telah menghabiskan pekan yang menyedihkan di  tempat tidur, setelah putus cinta yang  buruk.

Karya seni ini  dipamerkan pada 1999 di Galeri Tate karena masuk nominasi penghargaan seni bergengsi Inggris, Turner Prize. Meski harus kalah dari Steve McQueen, yang menjadi sutradara pemenang Oscar, untuk film ‘12 Years a Slave’.

My Bed kemudian dibeli oleh broker dan kolektor seni, Charles Saatchi senilai £ 150.000 dan sempat ditampilkan sebagai bagian dari pameran pertama ketika Saatchi Gallery membuka tempat baru di St Pancras , London.

Kini, ia memutuskan untuk menjualnya lewat rumah lelang Christie’s pada 1 Juli.

Saatchi sebelumnya juga melelang empat poster bergambar tempat tidur karya Emin,  bersama dengan sekitar 50 karya seni lainnya.

Hasil penjualan My Bed dan koleksi lainnya Saathi itu akan digunakan untuk mendukung masuk gratis ke Galeri Saatchi di London dan program pendidikan seni di sekolah-sekolah.

Belum Ada Berita Terkait