Bencana Alam, Tantangan Utama Asuransi RI [serunai]

Bencana Alam, Tantangan Utama Asuransi RI

PinkKorset.com, Jakarta – Bencana alam diyakini akan menjadi tantangan utama bagi industri asuransi dalam negeri.   

Menurut juru bicara Fitch Ratings Leslie Tan, paparan risiko bencana alam akan menjadi tantangan utama industri asuransi umum di Indonesia.

“Kami yakin paparan risiko bencana alam akan tetap menjadi tantangan utama bagi profitabilitas underwriting industri asuransi, terutama asuransi umum. Dikarenakan Indonesia tetap menjadi wilayah rawan bencana alam,” ujarnya dalam surat elektronik, Senin (20/7/2014).

Namun dalam jangka menengah, industri asuransi nasional akan mengalami pertumbuhan yang lebih stabil. Hal ini dipicu rendahnya penetrasi industri, peningkatan kesadaran risiko dan jumlah kelas menengah.

Lebih lanjut dikatakan, sektor asuransi jiwa dan asuransi umum di Indonesia akan semakin berkembang oleh maraknya perubahan regulasi yang ditujukan untuk meningkatkan transparansi dan stabilitas industri.

Penerapan peraturan tarif asuransi pada kuartal pertama tahun ini pun diyakini bisa meningkatkan stabilitas marjin underwriting asuransi dan memastikan pendapatan yang sehat di sektor asuransi umum.

Selain perubahan-perubahan lain seperti bancassurance yang dapat mendorong pengungkapan lebih rinci dan memperketat peraturan perjanjian biaya antara pihak asuransi dan bank rekanan.