Ekonomi Inggris Pulih Tercepat [telegraph]

Ekonomi Inggris Pulih Tercepat

PinkKorset.com – Inggris didapuk sebagai negara anggota G7 yang mengalami pemulihan ekonomi tercepat tahun ini.

Lembaga survei non pemerintahan yang berbasis di Inggris, EY ITEM Club, memperkirakan perekonomian Inggris akan mengalami ekspansi 3,1% tahun ini, naik dari perkiraan Mei sebesar 2,9%.

Ekspektasi tersebut lebih tinggi dari perkiraan ekspansi Kanada 2% dan Jerman 1,8%. Demikian dikutip dari CNBC.com, Senin (21/7/2014).

Kepala Ekonom EY ITEM Club Peter Spencer mengatakan, pulihnya perekonomian Inggris didukung investasi bisnis yang selama ini ditopang belanja konsumen dan pasar tenaga kerja.

Menurut lembaga tersebut, konsumsi Inggris akan dimotori oleh inflasi rendah, tingkat suku bunga rendah, dan penyerapan tenaga kerja meningkat, bukan pertumbuhan upah.

Alhasil, pendapatan riil yang mencakup dampak inflasi diperkirakan akan tumbuh 1,8% pada 2014 dan 2,2% pada 2016.

Adapun G7 adalah gabungan negara industri maju yang terdiri dan AS, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Canada, dan Perancis. Anggota kelompok ini sebenarnya delapan dengan masuknya Uni Eropa.

Kelompok G-7 dibentuk terutama untuk meningkatkan kerja sama antara negara maju. Negara-negara G-7 menguasai sekitar dua pertiga GNP dunia dan sekitar separuh perdagangan internasional.