Jumat, Jembatan Comal Bisa Dilalui Lagi [antara]

Jumat, Jembatan Comal Bisa Dilalui Lagi

PinkKorset.com, Semarang –  Amblesnya Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah sudah diperbaiki. Rencananya, para pemudik bisa melalui Pantura dengan lancar pada Jumat, 25 Juli 2014.

Penggunaan Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah akan mulai diuji coba pada Kamis 24 Juli 2014, sehingga H-3 Lebaran atau Jumat 25 Juli sudah bisa dilalui pemudik.

Terutama mengingat puncak arus mudik di Jawa Tengah diperkirakan akan terjadi di H-3 Lebaran.

Wakil Direktur Lantas Polda Jawa Tengah AKBP Tulus Ikhlas Pamudji menuturkan, jembatan Bailey atau jembatan rangka baja ringan di Comal akan diuji coba untuk mengetahui ketahanannya dan untuk menentukan rekayasa lalu lintas yang akan digunakan pada H-3 di Pantura.

“Besok ada percobaan jembatan Bailey. Nanti kita lihat apakah buka tutup atau bisa 2 lajur,” kata Tulus di Mapolda Jateng, Rabu (23/7/2014).

Hingga kini, perbaikan terus dilakukan dan untuk sementara sebelum jembatan Comal belum bisa di gunakan. Terpantau ada 3 titik kemacetan terparah, yaitu di exit tol Pejagan Kabupaten Brebes, lalu Pasar Wiradesa karena ada pasar tumpah dan yang terakhir di sekitar Jembatan Comal.

“Jumat, Sabtu, Minggu itu puncak arus mudik. Sekarang kepadatan masih di stasiun, pelabuhan dan bandara,” katanya.

Dirlantas Polda Jateng menerjunkan personel di titik alternatif yang digunakan pemudik untuk menghindari jembatan Comal. Hal itu karena jalur alternatif berada di pedesaan dengan lebar jalan hanya 5 meter.

“Kita antisipasi dengan menempatkan rambu-rambu petunjuk di simpul jalan. Patroli kita turunkan dengan 10 kendaraan di sekitar Comal,” katanya.

Sementara 4 helicam juga diterbangkan di exit tol Bawen, Pejagan Brebes, Sumpiuh Banyumas, dan di Kota Semarang.

Menyambut Lebaran 2014, Polda Jateng menyiapkan 10.844 personel untuk kelancaran dan keamanan arus mudik serta balik. Sebanyak 107 rest area disiapkan di Pantura, Jalur Tengah, dan Selatan agar pemudik bisa istirahat dengan fasilitas lengkap termasuk tukang pijat.

“Arus kendaraan diperkirakan akan meningkat 10 sampai 15 persen. Dihitung dari titik di Pejagan,” ujarnya.

Baca selanjutnya: Lebaran dan Mudik, SPBU Tetap Buka 24 Jam