Akhirnya, Dapat Uang NKRI! [BI]

Akhirnya, Dapat Uang NKRI!

PinkKorset.com, Jakarta – Uang baru NKRI sudah beredar di masyarakat sejak Minggu (17/8/2014) kemarin. Namun, belum banyak yang berhasil memiliki uang baru tersebut.

Sebut saja Fitri, seorang karyawati swasta yang mencoba mengambil uang pecahan seratus ribu ke beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di kawasan Jakarta Selatan. Tapi, yang didapat masih pecahan uang lama.

“Saya tadi siang sempat coba ambil uang ke beberapa ATM BCA dan Mandiri, tapi belum ada tuh. Bank-bank ini belum tukar ke BI (Bank Indonesia) kali ya,”ujarnya kepada PinkKorset.com, Senin (18/8/2014).

Sementara Dhita, seorang ibu rumah tangga, sudah mendapatkan uang baru dengan tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut. Ia mengaku menyempatkan diri ke Bank Indonesia untuk menukarkan beberapa lembar pecahan seratus ribu lama dengan uang baru.

“Akhirnya dapat uang NKRI. Saya bela-belain datang kesini hari ini, mba. Pengen dong punya uang baru, apalagi katanya pengamanannya lebih bagus,”katanya.

Dhita pun mengaku belum ingin membelanjakan uang baru NKRI tersebut, apalagi di awal-awal peredarannya, uang ini masih sulit diperoleh. “Kalau sekarang ya, disimpan dulu. Buat belanja pakai uang lama saja. Jauh ini mba, tukar duitnya,”ujarnya sambil tertawa.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara mengungkapkan, masyarakat yang ingin mendapatkan uang dengan pecahan nominal Rp 100 ribu ini dapat mengunjungi kantor cabang Bank Indonesia di wilayah terdekat.

Sementara perbankan lain belum tentu menyediakan uang baru tersebut, tergantung kebijakan masing-masing. “Bank sebelum mengedarkan harus menukarkan uangnya dulu ke kantor wilayah BI, baru bisa, tergantung kapan bank itu melakukan itu,” ujarnya Senin (18/8/2014).