Perusahaan Kilang Minyak Terbesar Jepang Incar RI [JX Nippon]

Perusahaan Kilang Minyak Terbesar Jepang Incar RI

PinkKorset.com, Tokyo – Perusahaan kilang minyak terbesar di Jepang, JX Nippon Oil & Energy Corp mengincar potensi investasi pada sektor energi Indonesia.

Jepang berencana membangun tempat penyulingan minyak dan beberapa pom bensin di Indonesia. Hal serupa juga dilakukan di Vietnam.

Kerjasama yang merupakan wujud keterbukaan Jepang pada investasi asing tersebut, nantinya akan menjadi investasi besar pertama di luar Jepang yang dilakukan JX..

Rencana Jepang tersebut terungkap menyusul rendahnya konsumsi bahan bakar di Jepang.

Seperti diketahui, permintaan minyak Jepang merosot seperlimanya, sejak kondisi sepuluh tahun lalu. Bahkan dalam lima tahun ke depan, permintaan minyak Jepang diperkirakan merosot 8%.

Adapun Indonesia dan Vietnam dipilih karena prospek pertumbuhan ekonominya yang menjanjikan. Kedua negara ini mencatatkan peningkatan permintaan minyak 1-2% setiap tahunnya.

Selain itu, mereka juga tengah meningkatkan kapasitas kilang minyaknya guna mengurangi impor produk yang terbilang sangat mahal.

Sejauh ini, salah satu perusahaan kilang minyak Jepang juga tercatat telah membantu Vietnam membangun kilang keduanya.

Bisnis energi di Indonesia tidak mudah

Meski berusaha masuk ke Indonesia, JX memandang berbisnis di Indonesia bukanlan rencana yang mudah. Pasalnya, Indonesia dalam dua puluh tahun terakhir tidak pernah menyetujui sejumlah kesepakatan dengan mitra asing yang mengajukan proposal proyek kilang minyak.

Indonesia dinilai memiliki banyak sekali persyaratan seperti kebutuhan memperbarui kilang, meningkatkan kapasitas penyulingan dan menghindari penuaan fasilitas pengolahan minyak.

JX yang kini tengah berkekspansi di Asia, kecuali Tiongkok dan Korea Selatan pun mengaku sedang mempelajari kondisi bisnis di Indonesia, apakah dapat membangun kilang dan jaringan penjualan bahan bakar di Tanah Air.