Gaya Hidup tak Sehat Pangkas Harapan Hidup [drprem]

Gaya Hidup tak Sehat Pangkas Harapan Hidup

PinkKorset.com – Benarkah gaya hidup tak sehat bisa perpendek harapan hidup kita? Para peneliti coba membuktikannya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan jurnal Preventative Medicine, manusia dapat memperpanjang harapan hidup dengan menghindari gaya hidup tak sehat. Seperti minum alkohol, merokok, tidak melakukan diet, dan tidak bergerak aktif.

Peneliti dari University of Zurich mempelajari 16.721 orang berusia 16-90 tahun, dari 1977-1993 dan mencatat kematian pada 2003 lalu. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah gaya hidup sehat berpengaruh terhadap harapan hidup.

Hasilnya, orang-orang yang melakukan empat gaya hidup tak sehat tersebut di atas, memiliki resiko kematian lebih tinggi 2,5 kali lipat dibanding yang tidak. Diantara emat hal tersebut, rokok memiliki resiko kematian paling besar.

Para perokok memiliki 57% resiko lebih tinggi mengalami kematian lebih awal dibandingkan yang tidak merokok. Hasil penelitian ini, diakui Brian Martin, profesor di Institute of Social and Preventive Medicine, University of Zurich, mengejutkan.

“Kami sangat terkejut melihat resiko kematian yang lebih besar sebanyak 2,5 kali lipat ketika keempat gaya hidup sehat itu dilakukan,” ujarnya dalam siaran rilis seperti yang dilansir dari Yahoo Shine.

Contohnya, harapan hidup seorang lelaki berusia 75 tahun yang menjalani empat gaya hidup tak sehat tersebut hanya 35% untuk sepuluh tahun ke depan. Padahal jika tidak, para peneliti memperkirakan harapan hidupnya mampu mencapai 67%.

Bagi perempuan, dalam kasus yang sama, ia memiliki harapan hidup 47%. Namun jika menghindari empat gaya hidup tersebut, ia bisa memiliki harapan hidup sampai 74%.

Adapun seseorang berusia 45-55 tahun yang merokok, minum alkohol, tidak melakukan diet dan tidak bergerak aktif akan memiliki harapan hidup yang sama dengan orang berusia 65-75 tahun.

Faktanya, meski para peneliti menemukan hasil-hasil demikian, bagaimanapun usia adalah rahasia terbesar yang hanya dimiliki Tuhan. Tapi tak ada salahnya belajar hidup sehat demi menjaga tubuh yang diberikan oleh Tuhan.