Badai Mario Datang, Filipina Tutup Beberapa Fasilitas [philstar]

Badai Mario Datang, Filipina Tutup Beberapa Fasilitas

PinkKorset.com, Manila – Badai Mario menyerang Filipina, menyebabkan negara ini harus menon-aktifkan aktivitas di pasar keuangan sekolah dan kantor. 

Perdagangan di Bursa Efek Filipina telah ditangguhkan Jumat karena hujan lebat yang dibawa oleh Badai Tropis Mario (Fung-Wong) dan angin muson barat daya. Perdagangan, kliring dan settlement ditiadakan karena suspensi pada sistem perbankan setempat.

Badai yang menyebabkan hujan lebat dan banjir ini diperkirakan berjarak 190 kilometer di timur provinsi Aurora di kepulauan Luzon dengan kecepatan angin 85 kilometer per jam dan diperkirakan bisa meningkat hingga 100 km per jam. Demikian menurut BMKG setempat, Jumat (19/9/2014) pagi.

Efek gabungan dari Badai Mario dan angin muson berpotensi membawa hujan lebat dan badai ke seluruh Manila dan Luzon, yang memicu banjir bandang dan tanah longsor.

Kegiatan belajar mengajar dihentikan di Manila. Demikian juga di provinsi Mindoro, Batangas, Laguna, Rizal, Cavite, Tarlac, Nueva Ecija, provinsi Quezon (termasuk Kepulauan Polilio), Camarines Norte, Camarines Sur, dan Pangasinan.

Kantor-kantor pemerintah di wilayah tersebut juga tutup, kecuali instansi pemerintah yang memberi pelayanan dasar dan kesehatan, penanggulangan bencana, dan layanan publik vital lainnya.