Ratusan Ribu Kartu Kredit Terancam Ditutup

PinkKorset.com – Menyusul pembatasan kepemilikan yang diterapkan Bank Indonesia (BI) mulai 2015, sebanyak 450 ribu kartu kredit terancam ditutup.

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia menyatakan minimal terdapat 450 ribu kartu kredit yang ditutup atau ditarik pada 2015, karena pembatasan kepemilikan kartu berdasarkan usia dan pendapatan sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 14./2/PBI/2012 pada 1 Januari 2015.

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marha di Jakarta mengatakan, angka itu berdasarkan data yang menunjukkan bahwa 450 ribu pengguna kartu kredit masuk dalam kategori pendapatan Rp3 juta – Rp10 juta per bulan, namun memiliki kartu kredit lebih dari dua penerbit.

“Ada 450 ribu pengguna yang mempunyai lebih dari dua kartu, perihal lebihnya berapa? itu bermacam-macam, tapi kebanyakan tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Seperti diketahui, BI menerapkan regulasi terkait pembatasan kepemilikan kartu kredit, baik dari sisi pendapatan maupun usia. Ketentuan pembatasan kepemilikan kartu kredit dari sisi pendapatan menyebutkan bahwa individu dengan pendapatan kurang dari Rp 3 juta per bulan tidak diperbolehkan memiliki kartu kredit.

Lalu, individu dengan pendapatan antara Rp 3 juta-Rp 10 juta boleh memiliki kartu kredit dari maksimal dua penerbit dengan pembatasan total plafon kredit dari seluruh kartu kredit yang dimilikinya yaitu maksimal tiga kali pendapatan tiap bulan.

Sedangkan individu dengan pendapatan lebih dari Rp 10 juta tidak dibatasi kepemilikan kartu kreditnya, namun mempertimbangkan analisis risiko masing-masing penerbit kartu.

Terkait kebijakan ini, Steve mengakui, Asosiasi bersama penerbit sudah aktif menginformasikan pada pengguna. Mereka diingatkan untuk menutup kartu kreditnya sesuai batas kepemilikan.

Jika pengguna tidak juga menutup kartu kredit itu, maka penerbit yang akan menindak-lanjutinya.