2013, China Borong Pesawat Boeing Foto: wikimedia

2013, China Borong Pesawat Boeing

PinkKorset.com, Beijing –  Boeing Co menyatakan telah mengirimkan pesawat ke China dalam jumlah rekor selama 2013 lalu.

Mereka pun memperkirakan bahwa pengiriman tahun ini kurang lebih sama, didukung pertumbuhan ekonomi yang mendorong permintaan penerbangan.

“Pengiriman ke China tahun ini diperkirakan akan mencapai 140 pesawat, setelah pada 2013 mengirim sebanyak 143 pesawat,” demikian kata Marc Allen, Presiden Boeing China dalam keterangannya di Beijing, Rabu (22/1/2014).

Maskapai pesawat yang berbasis di Chicago ini selama 2013 mengirimkan 648 pesawat ke seluruh dunia, dengan 143 pesawat dikirim ke China. China Southern adalah maskapai penerbangan terbesar di Asia berdasarkan jumlah penumpang, yang mengambil pengiriman 37 pesawat tahun lalu, atau kedua terbesar di antara operator di seluruh dunia, setelah American Airlines yang mengambil 39 pesawat.  Demikian menurut situs Boeing .

Selain itu, pada 2013 Boeing menerima pesanan sebanyak 1.355 pesawat dari seluruh dunia, dengan 230 pesawat dari China. Dari 230 pesanan Boeing di China,  130 berasal dari penyewaan perusahaan dan sisanya dari penerbangan. Sepertiga maskapai  telah melewati proses persetujuan pemerintah.

“Sangat menakjubkan apa yang kita lakukan di 2013, Saya mengumumkan bahwa kami perkirakan pengiriman tahun ini ke China akan relatif sama,” katanya.

Pertumbuhan Asia meningkatkan pesanan untuk Boeing dan Airbus Group (AIR). Sementara produsen pesawaat Eropa pada September 2013 memperkirakan China akan menggantikan AS sebagai pasar terbesar dunia pada 2032.

Ekspansi ekonomi China membantu perjalanan udara lebih terjangkau bagi banyak orang, meningkatkan permintaan untuk pesawat dari maskapai seperti Air China Ltd dan China Southern Airlines Co.