Cegah Ruam Popok Pada Bayi [greatlakesbaymom]

Cegah Ruam Popok Pada Bayi

Pinkkorset.com, Jakarta – Masalah ruam popok pada kulit bayi masih menjadi keluhan sebagian orang tua. Ada tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit buah hati.

Ruam kulit pada bayi biasanya ditandai dengan timbulnya warna kemerahan pada bagian perut hingga pangkal paha, terjadi akibat pemakaian popok yang kurang tepat.

Masalahnya, jika dibiarkan terus menerus, ruam kulit lama kelamaan bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih serius bahkan bisa menyebabkan buah hati menjadi demam.

Untuk itu, Dr. dr. Riri Sekartini SpA(K) menyarankan para orang tua melakukan pencegahan terjadinya ruam popok / dermatitis pada bayi. Menurutnya, pengobatan ruam kulit lebih sulit dilakukan ketimbang Anda melakukan pencegahannya.

Hal yang paling penting untuk mencegah terjadinya ruam popok adalah dengan menjaga kebersihan tubuh bayi, terutama pada daerah perut hingga pangkal paha atau bagian yang tertutupi popok.

“Perhatikan kebersihan genetalia, daerah perut dan pangkal paha. Jangan lupa untuk membersihkan lipatan pada tubuh bagian tersebut, terutama untuk bayi yang agak gemuk dan memiliki banyak lipatan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Dr. dr. Riri juga menyarankan Anda untuk membiarkan kulit bayi sesekali terbebas dari popok bayi untuk mencegah timbulnya iritasi.

Selain kebersihan kulit bayi, point lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan pakaian, selimut, kaus kaki dan berbagai perlengkapan yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi, serta pemilihan penggunaan produk bayi yang tepat terutama popok bayi.

Hal ini diperhatikan mengingat kulit bayi lebih tipis dan rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan kulit anak-anak dan orang Indonesia.