Jokowi Salaman dan Selfie Dengan Para CEO di APEC Beijing [kompas]

Jokowi Salaman dan Selfie Dengan Para CEO di APEC Beijing

PinkKorset.com, Jakarta –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) seakan menjadi magnet dalam pertemuan Asian Pasific Economic Cooperation (APEC) di Beijing, Tiongkok.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil menuturkan, ada kejadian menarik usai Jokowi memberikan paparan singkat selama 25 menit.

Setelah turun dari panggung, Jokowi langsung menuju ke tempat 300 CEO berada dan menyalami mereka satu persatu. Tidak hanya itu, Ia juga melayani permintaan selfie.

“Ramai sekali 300-an lebih, pergi ke sana salami, dan ramai sekali minta selfie. Akhirnya banyaklah yang mengerubutinya,” ujanrya di kantornya, Jakarta, Jumat (14/11/2014)

Menurut Sofyan, niat Jokowi sebenarnya hanya ingin menyalami CEO yang hadir pada saat itu. Namun, banyak CEO yang tidak sabar dan kemudian langsung maju ke bagian depan.

Saat itu, Sofyan mendengar banyak CEO yang memuji Jokowi, terutama karena kesediaannya turun langsung dan menyalami mereka.

“Tindakan itu tampaknya surprise bagi mereka. Ada CEO yang bilang ‘Ini menakjubkan, saya tidak percaya dia akan turun ke bawah’,” ujarnya.

APEC kali ini adalah agenda Internasional pertama yang dihadiri oleh Jokowi setelah menjadi Presiden. Tak heran, banyak pihak yang ingin berbicara langsung dengannya.

Namun, jadwal yang ketat menyebabkan tidak banyak pertemuan empat mata yang bisa dilakukan.

“Itu waktunya sangat padat dari jam 8.00 pagi sampai habis malam. Banyak sekali bilateral dan masih banyak yang tidak kebagian waktu,” kata Sofyan.

Hanya beberapa bilateral yang bisa terlayani. Seperti dari Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Selandia Baru John Key dan PM India Narendra Modi.