Lengser, SBY Jadi Presiden GGGI [gggi]

Lengser, SBY Jadi Presiden GGGI

PinkKorset.com, Seoul – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dilantik sebagai Chairman Global Green Growth Institute (GGGI) di Songdo, Incheon, Korea Selatan.

SBY, yang menggantikan mantan PM Denmark Lars Lokke Rasmussen, akan menjabat untuk dua tahun ke depan.

Penominasian SBY sebagai Ketua Dewan sekaligus Presiden GGGI telah dilakukan sejak lama. Direktur Jenderal GGGI Yvo de Boer datang ke Indonesia untuk menyampaikan pencalonan tersebut kepada SBY pada 9 September lalu.

GGGI adalah organisasi yang mempromosikan ‘pertumbuhan hijau’, sebuah paradigma yang ditandai dengan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Bermarkas di Seoul, Korsel, GGGI mendukung ‘pertumbuhan hijau’ terutama di negara-negara berkembang untuk menggantikan paradigma yang menitikberatkan pada pengembangan industri.

Tiga sasaran yang ingin dicapai oleh GGGI adalah adopsi dan pelaksanaan rencana pertumbuhan hijau, penyediaan penelitian bagi para pembuat kebijakan, dan keterlibatan sektor swasta dalam pelaksanaan rencana pertumbuhan hijau nasional.

Besok, Rabu (19/11), SBY akan menghadiri konferensi internasional GGGI dengan tema “The Nexus Antara Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Hijau” di Sheraton Hotel di Incheon.

Pembicara dan panelis meliputi SBY, Yoo Jeong-bok (Walikota Metropolitan Incheon), Yoon Seong-kyu (Menteri Lingkungan Hidup Korsel),  Mary Robinson (Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Perubahan Iklim), Yvo de Boer (Direktur Umum GGGI), Sanjaasuren Oyun (Menteri Lingkungan dan Pembangunan Hijau Mongolia), dan Loic Fauchon (Presiden Kehormatan Dewan Air Dunia).