Wah, Ciuman 10 Detik Berbagi 80 Juta Bakteri [matchmehappy]

Wah, Ciuman 10 Detik Berbagi 80 Juta Bakteri

PinkKorset.com – Berciuman mulut selama 10 detik ternyata berbagi mikroba. Menurut sebuah studi terbaru, berciuman selama itu ternyata dapat berbagi 80 juta bakteri.

“Berciuman memperlihatkan kebiasaan manusia berbagi bakteri di lebih 90% budaya di dunia. Kami ingin berbagi informasi bahwa semakin sering pasangan berciuman maka semakin sering mereka berbagi bakteri mulut,” ujar ketua tim peneliti Remco Kort, dalam keterangan tertulisnya.

Penelitian yang digagas Organization for Applied Scientific Research (TNO) dari Belanda, menanyakan 21 pasangan yang melakukan ciuman dan berbagi pengalamannya.

Pasangan tersebut menjawab sejumlah pertanyaan mengenai kebiasaan berciuman, termasuk frekuensi berciuman french kiss. Para peneliti juga mengambil sampel ludah untuk melihat komposisi mikroorganisme sebelum dan sesudah berciuman.

Untuk dapat menjaga komposisi mikroorganisme dari eksperimen ini, setengah dari pasangan tersebut diberikan minuman sejenis yoghurt yang mengandung bakteria tertentu sebelum mereka berciuman.

Mereka kemudian diberi istruksi untuk berciuman. Para peneliti mengkalkulasikan 80 juta bakteria berpindah ke pasangannya masing-masing dalam waktu 10 detik saja.

Mereka juga menemukan bahwa pasangan yang berciuman setidaknya sembilan kali dalam satu hari, maka otomatis akan berbagi bakteri mulut.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Microbiome.