Eurostar Perkenalkan Kereta Cepat Teranyar [eurostar]

Eurostar Perkenalkan Kereta Cepat Teranyar

PinkKorset.com, London –  Perusahaan kereta cepat Eurostar akan memperkenalkan kereta baru pada akhir 2015.

Kereta teranyar berkapasitas 900 penumpang ini dinamakan e320 karena mampu menempuh kecepatan hingga 320 kilometer per jam (200 mph).

Dibuat oleh perusahaan Jerman, Siemens, kereta e320 diluncurkan di London pada akhir 2015. Namun, perkenalannya dilakukan pekan kemarin di Stasiun Pancras, sekaligus merayakan 20 tahun layanan Eurostar, sejak dimulai pada November 1994.

Eurostar sebenarnya memesan 10 kereta jenis ini dengan kesepakatan senilai 550 juta poundsterling. Namun, perusahaan kemarin mengumumkan hanya memesan tujuh kereta baru.

Kereta ini digambarkan sebagai ’inter-operable’, yang berarti dapat melewati beberapa sistem sinyal Eropa, membuka potensi untuk layanan langsung antara Inggris dan kota-kota Eropa lainnya.

Eurostar E320 by Pininfarina 02

Mei 2015 akan mengawali beroperasinya layanan Eurostar langsung ke Provence, melalui Lyon, Avognon dan Marseille.

Sedangkan pada akhir 2016, akan diluncurkan rute langsung ke Amsterdam, yang akan berhenti di Antwerp, Rotterdam dan Bandara Schiphol Amsterdam.

Waktu perjalanan akan memakan waktu 6 jam dan 27 menit ke Marseille dan sekitar 4 jam ke Amsterdam.

Kereta e320s ini akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 20% dibandingkan kereta yang sudah ada. Terlihat eksternal dan interior kereta baru yang didesain oleh rumah desain Italia Pininfarina.

Kereta ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wi-fi dan penumpang akan akan menikmati tempat duduk yang lebih nyaman karena ruang yang lebih luas. Masing-masing tempat duduk tersebut dilengkapi dengan soket listrik dan soket USB.

“Selama 20 tahun terakhir, kami sudah memimpin bisnis kereta cepat yang menghubungkan berbagai channel, UK dan berbagai tempat di Eropa. Kombinasi desain yang kuat, interior yang cantik, dan konektivitas wi-fi akan meningkatkan kenyamanan para pengunjung,” ujar Nicolas Petrovic, chief executive Eurostar.