Google Doodle Peringati Jasa Para Guru [google]

Google Doodle Peringati Jasa Para Guru

PinkKorset.com, Jakartaa – Hari ini Google Doodle merayakan Hari Guru Nasional ke-69 di Indonesia.

Di beranda Google, terlihat enam animasi guru dalam bidang masing-masing yang mewakili huruf GOOGLE.

Gambar pertama menampilkan seorang guru berkacamata sedang duduk di meja. Lalu guru matematika yang sedang menulis rumus di papan tulis.

Guru yang sedang duduk membacakan cerita di tengah murid-muridnya menjadi gambar ketiga. Lalu guru olahraga yang sedang memegang bola basket dan guru fisika/ kimia yang tengah berada di laboratorium menjadi gambar keempat dan kelima.

Sedangkan gambar terakhir menampilkan sosok guru musik.

Ya, 25 November diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

Peringatan Hari Guru Nasional ini ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah RI dalam keputusan presiden nomor 78 tahun 1994, serta diperkuat dengan undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan tentang peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Peringatan ini untuk mengenang dan mengapresiasi jasa para guru yang telah mengabdikan diri untuk masyarakat, menjadi teladan sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebenarnya hari guru nasional juga diperingati oleh banyak negara-negara di dunia, hanya saja mereka memiliki tanggal yang berbeda-beda. Di Indonesia jatuh pada tanggal 25 November. Sedangkan Hari Guru yang dirayakan di seluruh dunia ditetapkan pada 5 Oktober di tiap tahunnya.