Kapitalisasi Pasar Apple Capai Rekor! [fortheloveoftech]

Kapitalisasi Pasar Apple Capai Rekor!

PinkKorset.com – Kapitalisasi pasar Apple telah menyentuh rekor US$700 miliar di bawah pimpinan CEO Tim Cook.

Angka ini meningkat dua kali lipat dalam tiga tahun, sejak Tim Cook memimpin.

“Ini adalah pernyataan pokok dari apa yang sudah Tim Cook lakukan,” kata Analis Riset Senior Piper Jaffray, Gene Munster, seperti dikutip dari CNBC.com, Rabu (26/11/2014).

Tim Cook memimpin sejak Agustus 2011, setelah pendiri Apple Steve Jobs resmi mengundurkan diri dua bulan sebelum kematiannya akibat kanker.

Menurut Gene Munster, masyarakat umum meragukan kinerja Tim karena membandingkan dengan Steve Jobs. Namun, bila melihat pencapaian saat ini, muncul pertanyaan tentang apa yang bakal diwariskan Tim Cook.

“Sebagai CEO ia melipatgandakan saham dari apa yang sudah berjalan cukup besar,” katanya.

Apple merupakan saham pertama yang tercatat di S&P 500, yang membukukan kapitalisasi pasar senilai US$700 miliar. Adapun S&P 500 adalah indeks pasar saham AS dengan 500 perusahaan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Namun bila disesuaikan dengan inflasi, pencapaian Apple sebenarnya masih jauh dari definisi perusahaan bernilai tinggi sepanjang masa.

Misalkan saja kapitalisasi pasar Microsoft yang pernah mencapai puncaknya pada 1999 dengan nilai US$613 miliar, yang setara dengan US$874 miliar di 2014 bila disesuaikan dengan nilai tukar dolar saat ini.