Lemon Tea, Minuman Segar Untuk Diet [goodthingsbydavid]

Lemon Tea, Minuman Segar Untuk Diet

PinkKorset.com – Rasa lemon tea (teh lemon) yang agak masam dan segar, memang kerap membuat ketagihan. Apalagi dengan manfaat tambahannya bagi yang sedang diet.

Lemon tea merupakan jenis minuman yang memiliki kalori cukup rendah dan membantu mengontrol nafsu makan. Ini mengingat per 100 gram lemon hanya mengandung 29 kalori, paling rendah dalam golongan jeruk.

Selain itu kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon akan membantu mengurangi gula dari makanan dan meminimalisir jumlah gula yang diubah menjadi lemak. Asam sitrat memang dikenal baik untuk penernaan dan sering dijadikan pengawet alami.

Bahkan lemon tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, tetapi kaya serat. Dan yang lebih bagusnya lagi, lemon cukup rendah glikemik sehingga baik untuk penderita diabetes.

Manfaat lain dari minuman menyegarkan ini adalah mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan osteoporosis, karena mengandung phytochemical.

Perpaduan antara lemon dan teh ini juga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap cachetins (antioksidan yang terkandung dalam teh hijau) hingga tiga kali lebih cepat dalam aliran darah. Cachetins bermanfaat untuk menghilangkan lemak di perut.

Untuk mendapatkan manfaat lemon tea secara maksimal, seduh teh hijau dalam air panas selama 2-3 menit, dan campurkan dengan perasan lemon.

Teh hijau banyak digemari karena proses pengolahannya yang tidak melalui proses oksidasi sehingga daunnya mengandung senyawa fenolik non-oksidasi dan warnanya lebih ‘terang’.

Daun kering teh hijau berisi sekitar 19% protein dan asam amino, 33% serat dan karbohidrat, 7% lemak, 2% pigmen dan 5% mineral. Manfaat teh hijau ini akan lebih maksimal lagi jika dipadukan dengan lemon.