Hal-Hal Esensial Dalam Mengurus Anak [teenenthusiasm]

Hal-Hal Esensial Dalam Mengurus Anak

PinkKorset.com – Mengurus anak bukan perkara yang bisa dipandang enteng. Orangtua harus memiliki ‘bekal’ khusus, terutama untuk hal-hal yang amat esensial.

Anak-anak terbentuk dari hasil didikan orang tua saat merawatnya. Itulah mengapa sebabnya, Anda harus tepat dan ‘pintar’ dalam mendidik.

Tak mudah memang dan tentunya sangat kompleks untuk melakukannya. Solusinya, pastikan beberapa hal dasar yang menjadi fokus perhatian saat merawatnya.

Pastikan Mata Tetap Terbuka

Anak-anak terutama yang masih dalam usia belia, umumnya belum bisa mengerti dan membedakan mana hal baik dan buruk. Anda sebagai orangtua, harus peka terhadap apa yang mereka lakukan atau rasakan.

Beri pemahaman mengenai apa yang bisa mereka lakukan dan hindari serta memperhatikan gerak-gerik si kecil. Jangan abaikan pertanda atau perilaku yang aneh.

Anak-anak mungkin takut dan kesulitan untuk mengungkapkannya. Anda lah yang harus maju untuk merangkul dan mengajaknya berbicara. Ini penting, mengingat banyaknya kejahatan yang sekarang menimpa anak-anak.

Beri pengawasan yang tepat, tanpa harus membatasi aktivitas dan membuat mereka justru tak nyaman.

Komunikasi Dengan Guru

Tak ada salahnya Anda menjalin komunikasi dengan guru anak-anak untuk mengetahui lebih jauh seperti apa perilaku mereka di sekolah. Dengan begini, Anda bisa mengetahui apa yang mereka alami, namun tidak mereka ceritakan.

Jalinan komunikasi yang Anda bangun dengan guru-guru tersebut juga akan membuat anak-anak mendapat pengawasan yang lebih baik di lingkungan sekolah.

Biarkan Anak Bersosialisasi di Luar Sekolah

Ketika anak beranjak besar, biarkan mereka  bergaul dengan teman seusianya. Ini penting untuk membantu menemukan kegembiraan dan ketrampilan sosial yang baik. Tetap saja, buka mata dengan lingkungan pergaulan dan teman-temannya.

Bantu Mereka Jadi Mandiri

Mengajarkan kemandirian sejak dini merupakan hal yang positif. Saat dipercaya melakukan urusannya sendiri, anak-anak cenderung tak mudah takut dan cengeng saat berhadapan dengan situasi atau lingkungan baru.