Kota di Argentina Larang Kontes Ratu Kecantikan [bbc]

Kota di Argentina Larang Kontes Ratu Kecantikan

PinkKorset.com – Salah satu kota di Argentina mulai mengeluarkan larangan terhadap ajang ratu kecantikan.

Kota Chivilcoy di Argentina menjadi kota pertama di negara tersebut yang melarang kontes ratu kecantikan.

Dewan kota menyebutkan bahwa kontes ini merendahkan perempuan dan mendorong kekerasan terhadap kaum perempuan. Selain memicu obsesi yang tidak sehat terhadap kecantikan fisik, dan mendorong penyakit seperti bulimia dan anoreksia.

Di Amerika Latin, kontes ratu kecantikan seringkali menjadi batu loncatan untuk berkarir di televisi atau dunia hiburan. Sejumlah bintang televisi dan selebritas yang dikenal publik berawal dari mengikuti kontes kecantikan.

Dewan kota mengatakan ulang tahun dan perayaan di Chivilcoy akan dirayakan dengan menghargai pencapaian anak-anak muda. Kontes akan diganti dengan kompetisi topeng karnaval dan lomba bagi relawan.

Meski Argentina memiliki sejarah panjang mengikuti ajang kontes kecantikan internasional, terkadang muncul perdebatan mengenai validitas kompetisi ratu kecantikan.

Mariano Anton dari lembaga pengawas antidiskriminasi Argentina Institut Nasional Antidiskriminasi dan Xenophobia meminta agar kompetisi kecantikan di sekolah diitadakan. Hal itu untuk mencegah penyerangan terhadap peserta.

Dia mengatakan, dalam surat kabar Clarin, jumlah kekerasan terhadap peserta muda di berbagai provinsi meningkat. Penyerangan tersebut dipicu karena peserta yang dianggap terlalu cantik.