Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Foto: glamourgirlreviews

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

PinkKorset.com, Jakarta – Rasa gatal yang tidak bisa digaruk pada salah satu bagian tubuh memang membuat gelisah dan panas dingin. Salah satunya adalah gatal yang menyerang daerah selangkangan.

Sebelum berbicara lebih jauh, mari cari tahu penyebab munculnya gatal di selangkangan atau lipatan bagian dalam paha.

Penyebabnya ternyata bermacam-macam. Salah satunya alergi makanan yang dikonsumsi, seperti ikan tongkol, telur, udang, ikan asin dan lainnya. Lalu, kondisi tubuh yang kurang bersih karena debu dan air.

Namun yang paling umum karena kondisi pada selangkangan yang selalu lembab sehingga membuat jamur dapat berkembang dengan leluasa.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa gatal tersebut?

  1. Cobalah memanfaatkan obat tradisional seperti asam gelugur dan asam kendis untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan.
  2. Daun sirih juga bisa dimanfaatkan, dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, atau mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit.
  3. Mandi minimal dua kali sehari menggunakan sabun antiseptik untuk memerangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur.
  4. Jangan menggunakan celana terlalu ketat, karena hanya akan membuat kulit pada lipatan paha panas dan mengeluarkan banyak keringat.
  5. Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab akibat keringat.
  6. Selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.
  7. Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan paha dan daerah lipatan kulit lainnya.
  8. Menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat. Daya tahan tubuh yang lemah memudahkan penyeakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.
  9. Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.
  10. Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.