Cerdas Manfaatkan Uang THR [islamicbulletinboards]

Cerdas Manfaatkan Uang THR

PinkKorset.com – Siapa yang tidak senang menerima upah dobel menjelang hari raya.  Untuk memanfaatkannya secara maksimal, buatlah rencana yang bijak.

Setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda akan mendapat kesempatan memiliki dua kali upah dalam sebulan. Tapi ingat, Tunjangan Hari raya (THR) ini bukanlah uang nganggur. Dana ini diberikan  karena memang ada pengeluaran khusus, yakni menghadapi Idul Fitri.

Karena ini pengeluaran khusus, maka pisahkan anggaran gaji bulanan untuk pengeluaran rutin dan anggaran THR. Lalu buat perincian apa yang akan Anda lakukan dengan THR tersebut.

Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, sekaligus penghematan sehingga pengeluaran Anda tidak mengganggu gaji bulanan.

Berikut rujukannya.

Bayar Zakat

Prioritas utama yang harus dipikirkan dari pengeluaran THR adalah membayar zakat, baik zakat  fitrah, zakat maal maupun profesi. Zakat fitrah biasanya tak menjadi soal, namun untuk membayar zakat profesi atau maal ada beberapa orang yang memilih untuk membayarnya tahunan.

Bayar THR Asisten Rumah Tangga

Membayar THR asisten rumah tangga adalah salah satu pengeluaran yang tidak boleh diabaikan. Untuk menghindari lupa untuk mengalokasikan dana tersebut, sebaiknya Anda langsung menyisihkan dari THR yang Anda terima.

Makanan Lebaran

Saat Lebaran umumnya ada acara silaturahim baik tamu ataupun keluarga, jadi harus memasak lebih banyak dari biasanya. Kue kering dan makanan ringan lainnya pun disediakan untuk menjamu mereka. Untuk keperluan ini, Anda perlu alokasi khusus sekitar 30-40% dari THR.

Angpao

Berlebaran di rumah ataupun mudik, Anda harus menyiapkan uang angpao. Tidak hanya untuk sanak saudara, namun juga anak-anak tetangga yang kerap berkunjung untuk bersilaturahim. Siapkan uang baru dalam pecahan kecil. Anggarkan secukupnya, jangan sampai membebani keuangan Anda.

Pakaian Baru

Jika anggaran terbatas, prioritaskan pakaian baru untuk anak-anak. Hal ini sebenarnya lebih untuk memotivasi mereka bersemangat menghadapi Lebaran.

Bersih-bersih Rumah

Mengupayakan tampilan rumah lebih layak saat menyambut para tamu Lebaran memang hal lumrah yang dilakukan setiap keluarga. Namun Anda tidak perlu menguras kocek terlalu dalam, bukan? Jika dinding rumah masih tampak bersih, tak perlu dicat ulang. Cukup rapikan dan bereskan rumah agar lebih apik dan asri.

Mudik Lebaran

Beberapa keluarga melakukan mudik saat Lebaran tiba. Biaya yang dikeluarkan memang bervariasi, tergantung jumlah anggota keluarga, kebutuhan transportasi (seperti uang bensin atau tiket angkutan umum) dan biaya selama berada di luar kota.

Namun, anggaran mudik bisa diambil dari alokasi anggaran makanan Lebaran, dengan asumsi ketika mudik keluarga tidak merayakan Lebaran di rumah sendiri.

Tabungan

Setelah merencanakan pemakaian THR sesuai kebutuhan Lebaran, jangan lupa menyisihkan 10 hingga 15 persen untuk ditabung. Ini untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak yang muncul tiba-tiba.

 

Untuk perkiraannya, berikut gambaran alokasi THR Anda :

15-20% untuk zakat

20-30% untuk pakaian baru, angpao

30-40% untuk makanan Lebaran atau mudik

10-15% untuk tabungan