Indonesia Masuk Jajaran Negara Terefisien Dunia [tempo]

Indonesia Masuk Jajaran Negara Terefisien Dunia

PinkKorset.com –  Indonesia ternyata masuk dalam jajaran negara paling efisien di dunia, meski harus puas di posisi ke-12.

Menurut laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) terbaru, Jepang masih diakui sebagai negara paling efisien sedunia.

Negari Sakura ini dinilai mampu membangun kreativitas menjadi inovasi nyata yang bermanfaat bagi ekonomi negara dan rakyatnya.

Sementara posisi berikutnya berturut-turut adalah Finlandia, Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk peringkat kedua, ketiga dan keempat. Finlandia dan Amerika Serikat dimasukkan untuk perbandingan.

Dalam indeks ini, Indonesia berada di posisi ke-12. Untuk kawasan Asia, ini adalah peringkat kesekian setelah Taiwan, Hong Kong, Laos, Singapura dan Tiongkok.

Namun ternyata Indonesia masih lebih unggul ketimbang Malaysia, India dan Thailand yang berada di posisi 13,14 dan 15.

Untuk negara lain yang  berada di urutan paling akhir  soal efisiensi adalah Myanmar, Pakistan dan Kamboja.

Peringkat efisiensi ini diukur berdasarkan 36 indikator untuk mengetahui kapasitas dan insentif untuk inovasi, termasuk berapa banyak suatu negara memiliki universitas yang masuk 500 top dunia.

Indikator lain adalah tingkat urbanisasi, pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan, jumlah paten yang diajukan, nilai tambah komoditas pertanian dan jumlah buku dan film yang diproduksi. Setidaknya ada delapan indikator produksi kreatif yang digunakan.

Pejabat ADB, Bindu N Lohani mengatakan negara-negara berkembang perlu melakukan investasi dalam perekonomian mereka untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang memungkinkan mereka untuk mencapai standar hidup yang lebih tinggi.

Indeks inovasi ini dikembangkan ADB bersama Economist Intelligence Unit untuk mengetahui kebijakan dan menilai bagaimana cara terbaik untuk mendorong inovasi dan kreativitas dalam perekonomian Asia.

Sebagai catatan, Singapura menduduki peringkat pertama untuk lembaga-lembaga politik yang kuat, perlindungan hak milik intelektual dan penegakan kontrak.

Sementara Hong Kong menjadi negara yang terbaik dalam hal produksi kreatif, mencerminkan tingkat tinggi kecanggihan ekspor dan industri film produktifnya.

Inovasi dalam industri jasa seperti diagnosa medis, desain arsitektur, dan akuntansi bisnismenjanjikan untuk Asia, menurut laporan ADB yang dirilis terpisah.

Dikatakan negara berkembang Asia lain perlu meningkatkan investasi dalam pendidikan tinggi danpelatihan, inovasi, teknologi informasi dan komunikasi dan meningkatkan lembaga-lembaga ekonomi mereka untuk memungkinkan mereka untuk melompat melampaui tingkat menengah.

Berikut daftar lengkap 24 negara paling efisien.

1. Jepang
2. Finlandia
3. Korea Selatan
4. Amerika Serikat
5. Taiwan
6. New Zealand
7. Hong Kong
8. Australia
9. Laos
10. Singapura
11. Tiongkok
12. Indonesia
13. Malaysia
14. India
15. Thailand
16. Vietnam,
17. Kazakhstan
18. Filipina
19. Sri Lanka
20. Bangladesh
21. Fiji
22. Myanmar
23. Pakistan
24. Kamboja.