Inilah 10 Ciri Orang yang Optimistis

PinkKorset.com, Jakarta  – Anda ingin terus bersemangat, bahagia dan ikhlas dalam mencapai semua tujuan hidup Anda? Berpikirlah optimis!

Ya! Berpikir optimis dapat menimbulkan semangat dan menghilangkan perasaan khawatir serta ketakutan berlebih. Pikiran optimis juga dapat mempengaruhi orang dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Manfaat seperti inilah yang dapat membantu Anda menjalani kehidupan.

Bagaimana ciri orang-orang yang selalu berpikir optimis?

1. Selalu bersyukur

Mereka yang selalu bersyukur akan merasa puas dan lebih bijaksana dalam menghadapi hidupnya. Selain menjauhkannya dari rasa iri, rasa syukur ini juga efektif membuang sifat-sifat jahat yang muncul saat merasa kekurangan dibandingkan kesuksesan orang lain.

2. Berbagi dengan orang lain

Tak ada salahnya berbagi cerita bahagia dan mengenai kesuksesan kita kepada orang yang tepat. Tapi perlu diingat, tujuan berbagi disini bukanlah untuk pamer, tapi membangun rasa optimistis pada diri orang lain, agar mereka tidak putus asa, menemukan semangatnya kembali dan membangun cita-citanya.

3. Memaafkan 

Lupakanlah masa lalu, hapuskan semua dendam dengan saling memaafkan. Ini adalah ciri lain dari mereka yang berpikir optimis dan menatap masa depan. Jika bisa berdamai dengan masa lalu, Anda dapat membuka lembaran baru dengan perasaan positif dan bahagia.

4. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik dapat meningkatkan kemampuan untuk lebih perduli dengan lingkungan serta mendapatkan banyak pengetahuan dan pembelajaran dari pengalaman orang lain. Tak ada salahnya mulai menjadi pendengar yang baik.

5. Hilangkan sifat iri dan cemburu

Bersifat iri dan cemburu pada kesuksesan orang lain hanya akan menyakiti diri sendiri. Manusia tidak dilahirkan untuk dibeda-bedakan satu sama lain. Ubahlah rasa iri dan cemburu Anda menjadi motivasi untuk mencapai cita-cita Anda, karena hal itu lebih bermanfaat.

6. Perbanyak senyum

Tersenyum membuat Anda merasa lebih bahagia, semangat, ceria serta dapat menyenangkan hati bagi orang lain yang melihatnya. Melihat keuntungan sebanyak itu, tidakkah Anda ingin selalu tersenyum?

7.  Hidup sehat

Dengan banyak berolahraga, makan makanan yang sehat dan memperoleh vitamin D yang cukup, dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Apalagi olahraga juga dapat merangsang endhorphine atau hormon yang menciptakan rasa bahagia.

8.  Berpikir positif

Berpikir positif membuat Anda terus bersemangat dalam menjalani kehidupan. Hasil yang tidak begitu baik, akan diusahakan lebih baik lagi di hari esok dan seterusnya. Hal ini membuat semangat Anda tak akan pernah padam dalam meraih tujuan dan cita-cita.

9. Tidak menyalahkan orang lain

Bersikap tidak menyalahkan orang lain adalah salah satu ciri orang yang optimis. Berhenti ‘menuding’ orang lain, akan membawa pengertian bahwa kesuksesan datang secara alami.

10.  Masa lalu tidak menentukan masa depan Anda

Nasib setiap orang tergantung usahaya. Inilah alasan mengapa masa lalu tidak menentukan masa depan Anda. Jika saat ini Anda mengalami kesulitan, jangan berhenti berjuang! Coba terus, karena kesulitan tersebut tidak akan ikut ke masa depan, jika Anda berhasil mengatasinya.