Kikan: Ajarkan Anak Peduli Air Sejak Dini [PinkKorset/Merida]

Kikan: Ajarkan Anak Peduli Air Sejak Dini

PinkKorset.com, Jakarta – Kikan Namara, mantan vokalis grup band Cokelat tunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian air dengan mengajarkan anak-anak untuk berhemat air sejak dini.

Seperti yang dikisahkan Kikan pada PinkKorset, rasa kepedulian ini tumbuh saat dirinya sadar jika semua milik alam yang ada di bumi, termasuk air, akan habis jika digunakan terus menerus tanpa dilestarikan. Itulah sebabnya ia menerapkan perilaku hemat air dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kepada orang-orang di sekitarnya.

“Saya di rumah punya asisten rumah tangga yang selalu saya biasakan untuk berhemat air. Saya juga melakukannya kepada anak-anak,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurut Kikan, untuk bisa membantu melestarikan air, sebetulnya bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Contohnya dengan mematikan keran air saat sedang bergosok gigi, seperti yang ia ajarkan kepada anak-anaknya.

“Mungkin buat orang-orang apa sih artinya, toh kerannya tetap menyala juga tidak apa-apa. Padahal itu kan ada siklus lagi, air masuk ke dalam tanah, segala macem sampai disaring lagi, itu melalui proses yang panjang dan tidak sederhana,” urainya.

Tak hanya itu, usaha Kikan dalam menerapkan kepedulian pelestarian air juga dilakukannya dengan mengajak anak-anak melihat langsung proses pembuatan sumur biopori. Ia tak bosan-bosannya memberi penjelasan.

“Anak-anak sekarang kan lebih kritis, sehingga saya harus lebih pintar dalam menjelaskan. Akhirnya, kami sering browsing sama-sama di internet untuk mencari tahu,” tutur ibu dari Shira Allegra Sampurna dan Kei Sampurna ini.

Usaha Kikan tak sia-sia, kedua buah hatinya kini mulai mengerti bahwa air harus dilestarikan dan tidak bisa begitu saja dihabiskan. Menurut Kikan, Shira dan Kei juga kerap kali ‘protes’ tiap melihat orang lain menggunakan air secara berlebihan.