Menghindari Rambut Kusam Setelah Pewarnaan [doowophair]

Menghindari Rambut Kusam Setelah Pewarnaan

PinkKorset.com, Jakarta – Ingin mengecat rambut, namun khawatir mahkota Anda rusak dan terlihat kusam?

Perempuan memang kerap mengganti warna rambut untuk membuat warna rambut lebih indah dan me-refresh penampilan.

Namun, jika tidak mendapat perawatan yang optimal, rambut yang sudah diwarnai bisa menjadi kusam, bahkan rusak. Bila ini terjadi, sudah tentu rambut Anda akan jauh dari kata indah.

Untuk menghindarinya, ikuti beberapa tips berikut.

Hindari paparan sinar matahari berlebihan secara langsung
Terik matahari dapat merusak kondisi rambut. Walaupun rambut sudah dicat warna hitam berkilau, jika kondisi batang rambut menjadi kering dan rapuh, warna rambut akan terlihat kusam. Lindungi rambut dengan pelembap rambut tanpa bilas dan biasakan kenakan payung atau topi bila bepergian di siang hari.

Gunakan sampo dan kondisioner khusus
Setelah mengecat rambut, Anda sebaiknya menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut diwarnai. Karena produk khusus ini biasanya berfungsi untuk mengilatkan rambut, melindungi, dan menjaga agar rambut tetap terjaga kelembapannya, serta melindungi warna agar tidak lekas pudar dan kusam. Lebih baik bila sampo dan kondisioner Anda terpisah.

Lakukan perawatan kulit kepala dan rambut
Anda sebaiknya merawat kulit kepala dan rambut secara rutin dengan creambath, agar rambut tidak dehidrasi. Gunakan juga masker rambut seminggu sekali setelah mencuci rambut, diamkan selama 5 menit, agar rambut terjaga kelembapannya.

Perhatikan waktu pewarnaan ulang
Untuk menghindari rambut terlihat kusam, ulangi proses pewarnaan paling tidak tiga bulan sekali, karena warna cat rambut yang memudar membuat rambut terlihat kusam. Jangan pula mewarnai rambut terlalu sering, apalagi disertai bleaching, karena dapat merusak rambut.

Konsumsi makanan sehat
Jaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan alkohol. Rambut yang indah berawal dari rambut yang sehat.