Perasaan Ingin Makan Bayi Anda, Normalkah?

PinkKorset.com – Pernahkah anda merasa ingin memakan bayi anda sendiri saat mendekapnya erat? Dan apakah hal tersebut normal?

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari University of Montreal, hal itu ternyata normal-normal saja. Aroma yang dikeluarkan oleh bayi baru lahir memang memicu dopamin dalam otak perempuan.

Bagian yang menjadi aktif itu merupakan tempat yang sama ketika kita menginginkan makanan tertentu. Periset bahkan menyatakan, perempuan tetap merasakan hal sama meski bayi itu bukan milik mereka.

“Sinyal kimia untuk komunikasi non-verbal dan non-visual antara seorang ibu dengan anak memang intens,” ujar Johannes Frasnelli, periset pascakedokteran dan pengajar Fakultas Psikologi di University of Montreal.

Riset ini dilakukan terhadap dua kelompok yang terdiri dari 15 perempuan non-perokok. Satu grup terdiri dari perempuan yang baru melahirkan dan kelompok lainnya para perempuan yang sama sekali belum pernah mengandung.

Keduanya diberi aroma bayi yang baru lahir, sambil dipindai aktivitas otaknya. Dengan intensitas aroma yang sama, hasil pindai para perempuan yang baru melahirkan menunjukkan reaksi yang lebih kuat.

“Aroma bayi, berdasarkan studi ini, berperan penting dalam pengembangan motivasi dan emosi antara ibu dan anak. Terutama melalui kegiatan yang mengikat seperti memberi ASI,” lanjutnya.

Hubungan ibu dan anak, serta kasih sayang meluap-luap ketika perempuan baru melahirkan merupakan produk evolusi alami yang penting bagi kelangsungan hidup si jabang bayi.