Orang Super Kaya India Tambah Banyak Foto: blog.lse

Orang Super Kaya India Tambah Banyak

PinkKorset.com, New Delhi – India ternyata memiliki orang super kaya cukup banyak. Tak heran bila negara ini berhasil menduduki peringkat kelima tempat miliuner dunia berada.

Di tengah fluktuasi mata uang, India telah meningkatkan posisi orang terkayanya dari tahun lalu. Pada laporan orang terkaya Hurun 2014, negara ini berada di peringkat kelima dengan 70 miliuner, 17 orang lebih banyak ketimbang 2013.

Menariknya, India memiliki orang super kaya lebih banyak dari Jerman, Swiss, Perancis dan Jepang. Kekayaan gabungan dari miliuner India cukup mengejutkan dengan jumlah mencapai US$ 390 miliar.

Seperti diketahui, AS adalah negara bagi 481 miliuner, diikuti oleh China dengan 358 miliuner. AS dan China saat ini memiliki setengah dari semua miliuner dunia. Sementara Inggris, Jepang, Swiss , India dan Rusia tumbuh cepat dalam hal miliuner.

Selain itu, Mumbai adalah rumah bagi 33 miliuner dan merupakan salah satu enam kota utama miliuner dunia.

Sementara para super kaya itu kebanyakan tinggal di New York City, yang secara resmi menjadi ‘Kota Miliuner Dunia’ . Terutama mengingat 84 dari daftar orang kaya Hurun tinggal di ‘Big Apple’, naik 14 dari 70 orang tahun lalu.

Lalu, siapa orang terkaya dari India?

Mukesh Ambani, chairman Reliance Industries adalah orang terkaya di India dengan kekayaan pribadi sebesar US$ 18 miliar.

Namun, menurut daftar orang terkaya dunia 2014 yang dirilis perusahaan riset Hurun asal China, Mukesh Ambani berada di peringkat 41.

Warga India lain yang masuk dalam daftar ini adalah Lakshmi Mittal N di peringkat ke-49 dengan kekayaan bersih pribadi sebesar US$ 17 miliar.

Kemudian Dilip Sanghvi dari Sun Pharmaceutical Industries dan Azim Premji dari Wipro keduanya berada di peringkat ke-77 dengan kekayaan pribadi US$ 13,5 miliar masing-masing.

Demikian pula dengan Pallonji Mistry dari Tata Son dan SP Hinduja & family yang berada di peringkat ke-93 dengan kekayaan masing-masing sebesar US$ 12 miliar.