Pasta Gigi Buatan Sendiri Foto: Google

Pasta Gigi Buatan Sendiri

PinkKorset.com – Tahukah Anda juga bisa membuat sendiri pasta gigi di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh?

Gigi yang putih dan nafas yang segar biasanya didapatkan dari menyikat gigi dengan teratur, karena manfaat dari kandungan zat-zat di dalam pasta gigi yang dibuat oleh pabrik.

Sebenarnya, tak selalu harus membeli pasta gigi yang dijual di pasaran karena Anda mampu membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, banyak pasta gigi beredar dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Solusinya, konsultasi dengan dokter gigi langganan sebelum memutuskan. Jika tak ada masalah berarti pada gigi, Anda bisa membuat pasta gigi sendiri dengan bahan-bahan yang lebih alami di rumah.

Bagaimana caranya? Sulit atau mudah? Dilansir Yahoo! Shine, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah setengah cup baking soda, setengah cup minyak kelapa, 3-4 tetes minyak esensi pepermin, dan sebungkus bubuk stevia (daun yang rasanya manis).

Campurkan semua bahan menjadi satu di dalam wadah dan aduk hingga merata. Pindahkan campuran bahan tersebut ke dalam wadah kedap udara dan simpan. Gunakan pasta gigi itu dalam waktu enam bulan.

Perhatikan jika gigi Anda sensitif, tidak dianjurkan menggunakan pasta gigi buatan ini. Sebab, baking soda memiliki permukaan yang kasar walaupun amat bermanfaat terhadap kesehatan dan kebersihan gigi.

Berikut manfaat dari kandunga-kandungan pasta gigi buatan tersebut.

Baking soda (sodium bicarbonate) memang terkenal kasar. Bila dicampurkan dengan air, baking soda melembut. Bahan ini mampu melawan plak gigi, serta membunuh bakteri dan noda yang merusak gigi.

Minyak kelapa, menurut penelitian, memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antibiotik untuk menjaga kesehatan mulut dan menjaganya dari bakteri yang dapat merusak gigi.

Minyak pepermin dapat menyegarkan mulut dan menciptakan nafas yang segar. Gunakan bahan ini secukupnya.

Stevia adalah daun yang memiliki rasa manis dengan kandungan gula yang rendah sehingga tidak merusak gigi. Daun ini digunakan sebagai perasa.