Waspada Konsumsi Kafein Berlebih Foto: Google

Waspada Konsumsi Kafein Berlebih

PinkKorset.com – Tak ada yang baik dari kafein berlebih dalam tubuh Anda.

Kandungan kafein berlebih pada tubuh, tidak memberikan efek baik bagi kesehatan. Mulai sakit kepala, tangan bergetar, dan mood yang berubah-ubah.

Hal ini dibenarkan Dr. Bryce Wylde, penulis sebuah buku best seller yang memberikan daftar akibat kandungan kafein berlebih di dalam tubuh.

Depresi

Kafein mengandung dopamin dengan kadar yang hampir sama dengan heroin. Dopamin memberikan efek senang dan mampu meningkatkan mood lebih baik, namun dengan sifat candu.

Oleh sebab itu ketika tidak minum kafein, Anda merasa tidak mood dan tidak bahagia seperti saat ketika mengonsumsinya. Perasaan tidak enak inilah yang akan berubah menjadi suatu bentuk depresi.

Gastritis

Kafein dapat meningkatkan asam lambung di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit maag. Sebaiknya kurangi konsumsi kopi, teh hitam, teh hijau, minuman soda, coklat, dan beberapa obat yang meningkatkan asam lambung.

Kesuburan

Dua cangkir kopi sehari dapat menimbulkan penyakit saluran tuba falopi dan endometriosis di dalam tubuh perempuan, keduanya tentu dapat mempengaruhi kesuburan. Satu setengah cangkir kopi dikatakan bisa dapat memperlambat proses kehamilan. Itulah sebabnya, perempuan yang memiliki program untuk hamil disarankan menghindari kopi.

Osteoporosis

Menurut beberapa ahli, kafein dikatakan dapat menghilangkan kandungan kalsium pada tulang. Dampaknya, penyakit tulang rapuh atau osteoporosis dan meningkatkan resiko patah tulang terutama di bagian pinggung, tulang belakang dan pergelangan tangan.

Pra Menstruasi Syndrom (PMS)

Penelitian terhadap beberapa kelompok mahasiswa di Amerika menunjukkan, ada kaitan antara kafein dengan peningkatan berbagai penderitaan yang dirasakan saat mengalami PMS. Selain berkonstribusi meningkatkan rasa sakit saat PMS, kopi juga berdampak pada kesehatan hati, kanker usus besar, diabetes tipe 2 dan penyakit parkinson.