Bermusik Tingkatkan Kecerdasan Anak [motherearthliving]

Bermusik Tingkatkan Kecerdasan Anak

PinkKorset.com – Bermusik atau menyanyi ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anak-anak.

Studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Psychological Association menunjukkan bahwa ketika anak-anak belajar memainkan alat musik, mereka akan mendapatkan bonus berupa peningkatan kemampuan membaca dan bahasa.

Penelitian dilakukan Northwestern University, Chicago terhadap ratusan anak usia 8 sampai 10 tahun yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah di negara bagian Chicago dan Los Angeles.

Sebagian dari mereka diberi pelajaran musik kelompok reguler selama lima jam atau lebih dalam sepekan. Sebagian lagi tidak.

Hasilnya, anak- yang belajar musik memiliki nilai akademis lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan pelajaran musik.

Selain itu peneliti juga melacak aktivitas otak anak-anak. Mereka menemukan bahwa setelah dua tahun belajar musik, anak-anak cenderung lebih baik dalam hal membedakan suara, bahkan ketika dalam keadaan bising.

Ketua penelitian Dr. Nina Kraus dari Northwestern University, Chicago mengatakan, selama ini anak-anak dari orang tua yang mampu diyakini memiliki prestasi lebih baik di sekolah ketimbang anak-anak dari latar belakang keluarga berpenghasilan rendah.

“Namun penelitian kami menemukan bahwa pelatihan musik dapat mengubah sistem saraf dan menciptakan seorang anak yang berprestasi. Hal ini dapat membantu mengimbangi kesenjangan akademik,” katanya.