Raja Arab Saudi Meninggal Dunia [ibtimes]

Raja Arab Saudi Meninggal Dunia

PinkKorset.com – Raja Abdullah bin Abdulaziz al Saud meninggal di usia 90 tahun setelah berjuang melawan penyakit pneumonia.

Media setempat memberitakan Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz meninggal dunia di usia 90 tahun karena penyakit pneumonia, Jumat (23/1/2015) dini hari.

Ia adalah pemimpin absolut monarki keenam di kerajaan tersebut sekaligus pimpinan Wangsa Saud.

Abdullah secara resmi  baru naik tahta pada tahun 2005, tapi ia sudah bertindak sebagai penguasa monarki selama hampir satu dekade setelah saudara tirinya, Raja Fahd Abdel Aziz menderita stroke. Antara tahun resmi dan de facto-nya di atas takhta, Abdullah memerintah Arab Saudi melewati masa serangan 9/11, Arab Spring dan munculnya kelompok ISIS.

Raja Abdullah sering dianggap sebagai reformis dibandingkan para pemimpin Arab Saudi sebelumnya yang konservatif dan konstituen.

Adik bungsunya, Pangeran Salman bin Adbel Aziz, naik takhta dan sekarang akan mengambil alih sebagai Penjaga Dua Masjid Suci.

Ungkapan duka sudah berdatangan, termasuk dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Abdullah dinilai sebagai pemimpin yang berani mengambil langkah untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah.

Obama menyebut pula Abdullah sebagai teman yang berharga. “Sebagai seorang pemimpin, dia jujur dan punya keberanian,” ujarnya dalam pernyataan tertulis.

Belum Ada Berita Terkait